Wajib Coba, Ini 8 Jenis Street Food Terbaik di Malaysia

Selat Malaka dikenal sebagai jalur perlintasan dan jalur perdagangan dunia sejak abad ke-13. Para pedagang yang kebanyakan berasal dari India, Gujarat, Arab, hingga Tiongkok ini pun menularkan budayanya masing-masing kemanapun mereka bersinggah, termasuk Malaysia. Salah satu produk percampuran budaya di Malaysia adalah variasi kuliner yang menghiasi kehidupan masyarakatnya kini.

Malaysia bisa disebut sebagai surga kuliner Malaka. Pecampuran budaya asli Malaysia dengan budaya India, Tiongkok, dan Arab pun melahirkan makanan-makanan yang bukan hanya dapat dinikmati oleh masyarakat lokal tetapi juga para wisatawan dunia.

 

Bagi para budget traveler, tidak perlu khawatir karena jalanan Malaysia dipenuhi dengan kuliner khas Malaysia yang cita rasanya tidak kalah dengan restoran bertabur bintang. Untuk membantu Anda para traveler dalam menikmati pengalaman kuliner khas Malaysia, simak beberapa jenis kuliner khas Malaysia yang wajib Anda coba.

Laksa Asam Penang

  • Laksa assam penang

Berbeda dengan laksa yang dapat Anda temukan di Indonesia, laksa assam penang menggunakan campuran buah asam sehingga memberikan Anda sensasi gurih, pedas, dan asam. Anda juga dapat menambahkan petis udang sebagai pelengkap rasa. Irisan daun serai, kecombrang bakar, dan daun mint membuat makanan ini terasa unik dan berbeda dari laksa lainnya. Pati yang berasal dari mie beras membuat kuah laksa mengental seiring waktu sehingga membuat makanan terasa hangat lebih lama.

  • Nasi kandar

Nasi kandar adalah bukti pengaruh budaya India di sendi-sendi kehidupan Malaysia. Nasi kandar biasa dijual secara prasmanan, namun beberapa warung menyediakan secara a la carte. Pada dasarnya, nasi kandar adalah nasi putih yang dibanjiri dengan kuah kari dan bertaburan lauk pauk seperti daging ayam, cumi, ikan, sapi, telur, bahkan okra. Umumnya,makanan ini disajikan oleh para muslim keturunan India sehingga dapat dijamin kehalalannya.

  • Nasi lemak

Merupakan hidangan nasional Malaysia, nasi lemak adalah kuliner terpopuler Malaysia yang merambah hingga ke Jakarta. Sering dibandingkan dengan saudaranya, nasi uduk, nasi lemak khas Malaysia memiliki unsur pembeda yang cukup signifikan. Meskipun nasinya sama-sama diliwet menggunakan santan, lauk yang menemaninya wajib berupa ayam kari atau rendang sapi, sehingga nasi lemak terasa jauh lebih gurih daripada nasi uduk yang biasa Anda temukan di Jakarta. Selain itu, nasi lemak biasanya menggunakan kayu manis pada saat menanak nasi sehingga lebih beraroma.

  • Mie goreng mamak

Mie adalah salah satu produk kebudayaan Tiongkok yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Berada di Malaysia, tentu saja makanan sesederhana mie goreng dapat bermetamorfosis menjadi sesuatu yang etnik akibat percampuran dari berbagai budaya. Termasuk mie goreng mamak yang kental akan pengaruh budaya India muslim. Menggunakan mie kuning yang lembut dan kenyal sebagai dasarnya, makanan memiliki cita rasa pedas, gurih, serta manis akibat campuran rempah-rempah khas India. Dengan irisan daging udang, ayam, atau sapi beserta beragam sayuran tentu membuat mie goreng mamak jadi paket kenyang yang lengkap.

  • Ayam percik

Ayam mungkin menjadi salah satu bahan makanan terpopuler di dunia. Di Malaysia, lauk ayam diolah secara khusus hingga tercipta ayam percik. Secara sederhana, ayam percik adalah ayam panggang yang diberi percikan bumbu yang terbuat dari beragam bumbu seperti bawang merah, cabai, terasi, jahe, santan, dan lain sebagainya. Aneka bumbu rempah dan santan ini seakan memberikan jaminan bahwa cita rasa ayam percik dapat menstimulasi seluruh indra perasa Anda.

  • Kaya toast

Kaya toast adalah salah satu menu sarapan favorit masyarakat Malaysia. Menikmatinya pun tidak sulit karena dijajakan di hampir semua tempat. Hidangannya cukup sederhana yaitu roti bakar yang ditengahnya dioles selai kaya, yaitu selai yang terbuat dari santan, telur, dan gula. Sebagai penyemimbang rasa, biasanya Kaya Toast disajikan bersama telur setengah matang yang lembut bersamaan dengan kecap asin. Sensasi manis dan gurih jelas saja menjadikan kaya toast sebagai makanan ringan favorit di Malaysia.

  • Roti john

Bagi Anda yang kurang menyenangi hidangan ringan manis, maka roti john adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Roti john adalah sandwich dengan daging kambing cincang yang dipanggang bersama telur dan irisan bawang bombay. Bawang bombay yang terkaramelisasi menularkan cita rasa manis gurih pada adonan telur dan daging kambing. Cita rasa gurih dan manis semakin dilengkapi dengan rasa dari berbagai kondimen seperti mayones, saus tomat, saus BBQ, atau saus sambal yang bisa Anda pilih sesuai selera. Apabila Anda sedang menginginkan sesuatu yang unik, jangan ragu mengkombinasikan beberapa saus tersebut.

  • Nasi kerabu

Nasi kerabu adalah hidangan unik yang tidak bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Ciri khas dari makanan ini adalah nasinya yang berwarna kebiruan. Warna ini bukan berasal dari pewarna makanan, melainkan dari kelopak bunga telang sehingga aman untuk dikonsumsi. Nasi kerabu juga memiliki aroma yang khas akibat perpaduan berbagai rempah seperti bunga kecombrang, daun kesom, daun kadok, daun pegagan, daun kunyit, dan daun kencur.

Aroma nasi siap menggugah selera Anda karena dipadukan dengan berbagai lauk seperti ikan asin, ayam goreng, tauge, cumi, telur asin, dan serundeng. Untuk memperkaya rasa, nasi kerabu menggunakan kudu, yaitu saus ikan bilis yang terasa gurih dan sedikit pedas. Nasi kerabu pun semakin nikmat jika disantap bersama ayam percik.

Jadi tunggu apa lagi? Segera cari tiket pesawat dan berkunjung ke Malaysia untuk merasakan masakan melayu otentik sekaligus berwisata ke berbagai destinasi menarik lainnya. Jangan khawatir karena maskapai Indonesia seperti Lion Air pun menawarkan penerbangan langsung dengan harga yang terjangkau.

No comments.

Leave a Reply