Yuk!! Kenali Perkembangan Bayi 6 Bulan

Menjadi orang tua memang menjadi hal yang ditunggu dan pengalaman yang luar biasa. Apalagi bisa melihat pertumbuhan buah hati kita yang begitu pesat, mulai dari melihat tangisan pertamanya saaat dilahirkan, berlanjut melihatnya mengoceh, sampai bisa mengucapkan beberapa kata. Segala tahapan itu menjadi sangat penting bagi orang tua. Agar lebih tahu Perkembangan Bayi 6 Bulan.

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Usia 0-1,5 bulan

Pada usia ini buah hati sudah mampu mengontrol gerakan otot-ototnya, semisal menggerakkan tangan dan kakinya untuk memberi tahu bahwa ia tertarik dengan sesuatu yang ada didekatnya, meski begitu pada usia ini buah hati masih sangat membutuhkan bantuan orang tua untuk belajar menopang kepalanya dengan otot-otot lehernya, pada usia ini buah hati juga sudah mulai berusaha menatap orang tuanya dan tersenyum pada orang sekitar, jadi orang tua disarankan sesering mungkin melakukan kontak face to face kepada buah hati. Saat buah hati tersenyum ini mengisyaratkan bahwa ia merasa aman dan nyaman dengan lingkungannya, namun apabila sebaliknya biasanya si Kecil akan terlihat memasukkan tangan ke mulut ataupun mengisap jari. Gerakan memasukkan tangan ke mulut, sering kali diartikan sebagai tanda bahwa ia lapar. Padahal, hal ini juga bisa berarti bahwa dirinya sedang merasa tak nyaman.

Usia 1,5-3 bulan

Pada usia ini buah hati sudah bisa mengangkat keplanya pada posisi tengkurap, selain itu juga telah secara aktif mengontrol gerakan kaki dan tangannya, sehingga pada usia ini buah hati sudah mulai bisa meraih benda-benda kecil yang diberikan kepadanya. Pada usia ini buah hati sudah mulai senang bermain dengan siapa saja, bahkan ia bisa menangis apabila berhenti bermain. Selain itu Pada usia ini buah hati juga telah belajar berbicara dengan cara mengoceh meniru suara-suara yang didengarnya. Hal ini juga sebagai isyarat kalo ia sedang lapar, sakit atau lelah.

Usia 3-6 bulan

Pada usia ini buah hati sudah bisa mengangkat dan menahan kepalanya untuk beberapa waktu, ia juga telah bisa telungkup sambil menggerakkan kaki dan tangannya untuk bergerak maju atau mundur beberapa langkah. Di Fase ini buah hati juga telah bisa mengontrol kedua tangannya untuk memegang benda kecil, selain itu ia juga akan sering memasukkan benda yang dipegangnya kemulut, ini caranya untuk mengenali berbagai macam benda atau mainannya. Selain itu pada usia ini buah hati telah bisa mengenali wajah yang familiar untuknya, ia juga bisa tahu orang asing. Bahkan, ia kini sudah bisa merespon perasaan yang orang lain rasakan. Ia akan merasa senang jika Ibu senang atau sebaliknya. Siap-siap juga merasa gemas dengannya, karena di usia 5-6 bulan, ia suka melihat dirinya di cermin. Si buah hati juga mulai mengucapkan vokal dan konsonan tertentu saat mengoceh, seperti “ah,” “eh,” “oh”, “m,” “b” untuk menunjukkan rasa suka dan tidak suka terhadap sesuatu.

Selain mengetahui Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan, orang tua juga wajib mendukung perkebangan dan kecerdasannya sejak dini, berikut tips untuk mendukung perkembangannya!

  1. Nutrisi

Ibu yang yang masih memberikan asi eksklusif untuk buah hatinya wajib makan makanan yang bergizi. Sebaiknya Ibu menghindari makanan yang mengandung pestisida, mengingat janin dan bayi sangat rentan terhadap pengaruh pestisida.

 

  1. Kasih Sayang

Yaaa kasih sayang sangat penting bagi pertumbuhan bayi, karena bagaimanapun bayi sadar apabila ia kurang mendapat perhatian dari orang-orang terdekatnya. Ini bisa menghambat pertembuhannya.

 

  1. Merangsang Motorik Sejak Dini

Orang Tua harus menstimulus perkembangan sensori motorik buah hatinya sejak dini, seperti sering memberikan pelukan, memanjakan, bernyanyi, hingga berbicara dengan ucapan sederhana yang mudah dipahami bayi. Lingkungan juga perlu memberikan stimulasi positif dengan musik, mainan, percakapan menyenangkan, dan tanda-tanda kehidupan bahagia lainnya.

 

 

 

No comments.

Leave a Reply