Sakit Radang Tenggorokan? Inilah Obat Alami yang Dapat Anda Gunakan!

Mungkin secara umum masyarakat sudah sangat familiar dengan masalah kesehatan seperti radang tenggorokan. Umumnya pada bagian tenggorokan akan mengalami gatal, sakit untuk menelan, suara yang menjadi serak, sampai dengan batuk yang berlebihan. Sebelum mengkonsumsi obat antibiotik, apakah Anda sudah pernah untuk mencoba menggunakan jenis obat alami. Memang umumnya masyarakat lebih fokus pada pemeriksaan dokter, tetapi sebenarnya ada alternatif pengobatan yang lebih mudah dan murah dari pada periksa dokter yaitu dengan penggunaan obat alami.

Radang Tenggorokan

Menggunakan pengobatan secara alami ataupun tidak sebenarnya pilihan, hanya saja bisa menjadi pertimbangan. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh obat alami, selain untuk mengurangi efek alami pada radang tenggorokan juga dapat memberikan pengobatan tanpa adanya efek samping. Nah, penasaran seperti apa saja obat alami yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • Air putih.

Mungkin banyak orang yang tidak yakin akan jenis pengobatan yang satu ini, memang terlihat sangat sederhana sekali tetapi ternyata memberikan efek yang luar biasa. Untuk dapat menyembuhkan tenggorokan, Anda perlu memastikan untuk tidak kekurangan cairan didalam tubuh. Minum air putih secukupnya untuk membantu mengencerkan dahak, melawan infeksi kuman dan beberapa hal lainnya.

  • Madu.

Salah satu bahan yang menarik untuk digunakan dalam pengobatan ini memang sudah tidak asing lagi. Selain bermanfaat banyak dalam dunia kecantikan, rupanya madu juga bermanfaat dalam dunia kesehatan. Salah satu yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko radang tenggorokan yang semakin berlebih. Umumnya memang ini harus menggunakan madu asli bukan kemasan yang sudah tercampur dengan bahan lainnya.

  • Lemon.

Buah yang kaya akan vitamin C ini memang mempunyai segudang manfaat baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Kandungan astringen yang ada pada buah ternyata bermanfaat baik untuk meredakan dan mengobati sakit pada tenggorokan Anda. Umumnya cara mengkonsumsi jenis ini adalah dengan mencampur air hangat.

  • Garam.

Bumbu dapur pokok yang satu ini ternyata masuk dalam daftar bahan alami yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada tenggorokan. Anda bisa menggunakan satu gelas air putih hangat dengan geram, lalu jadikan sebagai kumuran. Sangat dianjurkan menggunakan air hangat karena untuk air dingin tidak bisa memberikan manfaat yang efektif.

Nah, itulah beberapa bahan yang sering sekali digunakan untuk meredakan radang tenggorokan secara umum. Ketika sudah melakukan beberapa kebiasaan atau menggunakan perawatan dengan bahan diatas dan belum sembuh. Ada baiknya untuk langsung periksakan kembali pada dokter ahli, karena ini akan berimbas pada masalah kesehatan Anda. Pengobatan alami hanya dapat digunakan untuk penanggulangan atau perawatan secara umum saja. Sekian, semoga pemaparan sedikit diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian, semoga dapat bermanfaat.

No comments.

Leave a Reply