Anak Bermain Sepakbola

Permainan Yang Menstimulasi Pertumbuhan Anak

Anak Bermain Sepakbola

Pasti orang tua akan bangga jika anaknya bisa tumbuh tinggi dan sehat, memang pada dasarnya setiap anak pasti akan bertumbuh tinggi, namun orang tua juga bisa memaksimalkan pertumbuhan anak dengan berbagai aktifitas yang menyenangkan.

Nah, jika ingin anak tumbuh tinggi dengan maksimal, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan agar tumbuh tinggi anak bisa dimaksimalkan, seperti :

  1. Lompat tali

Ini adalah cara mudah untuk mendapatkan tinggi badan ideal pada anak. Ya, permainan tradisional lompat tali adalah cara lama untuk menambah tinggi badan. Pada olahraga lompat tali, anak diharuskan untuk melompat terus menerus dan menggerakkan tubuh di udara. Kegiatan melompat memanjang dapat membantu tubuh anak untuk meregang dan berkontraksi. Sehingga membantu anak untuk meninggikan badan.

  1. Berenang

Berenang merupakan kunci memiliki fisik dan fikiran yang sehat sekaligus efektif untuk pertumbuhan otot maupun tinggi badan anak. Orang tua bisa mendaftarkan anak mengikuti kursus renang sejak dini dan berikan dia aksesoris agar dia betah untuk selalu berenang.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang bisa membuat anak menjadi tinggi, karena gerakan kaki mengayuh bisa membuat kaki meregang sehingga membuat kaki menjadi lebih panjang dan tenti ini akan memengaruhi tinggi badan si Kecil. Selain manfaat tersebut, kegiatan bersepeda juga bisa meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha sehingga mampu merangsang pertumbuhan tulang dengan baik.

  1. Basket

Selain renang, basket juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu anak tumbuh menjulang ke atas. Kenapa basket? Beberapa penelitian berpendapat bahwa melompat saat main basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan. Melompat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja saat melompat, seperti kaki dan tulang belakang, sehingga juga dapat membantu menambah tinggi badan.  Jadi adanya gerakan loncat saat anak main basket mungkin menjadi alasan mengapa basket dapat menambah tinggi badan.

  1. Gerakan yoga sederhana

Ajak anak yoga, karena gerakan di yoga akan memanjangkan dan meregangkan tubuh. Ketika memutar otot dan tulang ke dalam berbagai gerakkan yoga ternyata menjadi cara yang direkomendasikan untuk menambah tinggi badan. Misal saja, pose yoga seperti, mountain pose, triangle pose, tree pose, surya namaskar, adho mukha syanasana, chakrasana, dan pose lainnya dapat membantu dalam membetulkan postur tubuh serta menambah tinggi badan seseorang.

  1. Sepak bola

Mulailah memperkenalkan olahraga sepak bola kepada anak sejak dini. Karena sepak bola dapat merangsang pertumbuhan dan membantu anak tumbuh tinggi secara alami, lho! Ketika anak bermain sepak bola tentu akan lebih banyak dirangsang untuk berlari. Nah, berlari penting untuk menambah tinggi badan anak. Sebab, ketika berlari, maka otot lutut dan paha akan meregang dan ini baik untuk membantu mencapai tubuh yang tinggi. Semua gerakan dalam sepak bola akan membantu pertumbuhan anak untuk tumbuh tinggi maksimal.

Sebenarnya selain beberapa olahraga diatas, orang tua juga jangan remehkan manfaat dari sinar matahari. Dorong anak untuk menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari untuk mendapatkan banyak vitamin D. Makan ikan, alfalfa, atau jamur juga membantu, karena mereka adalah sumber vitamin D yang baik. Vitamin D dikenal meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak. Defisiensi vitamin D telah terbukti menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kenaikan berat badan pada remaja perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *