Solo Traveling

Simak 4 Tips Penting Mempersiapkan Solo Traveling

Solo traveling bukan hal yang baru lagi dilakukan oleh banyak traveler. Pria ataupun wanita sama-sama mampu melakukan gaya liburan ini asalkan percaya diri dan berani eksplor ke mana saja. Solo traveling dinilai seru karena lebih bebas dan tidak perlu kompromi dengan teman atau keluarga untuk menentukan destinasi yang diinginkan. Selain itu, solo traveling juga bisa sebagai sarana untuk berinstrospeksi dan refleksi terhadap diri sendiri.

Agar solo traveling berjalan lancar dan aman, kamu perlu menjalankan beberapa tips penting seperti di bawah ini:

Buat rencana perjalanan

Walau solo traveling terkesan bebas kemana saja, namun tetap butuh itinerary atau rencana perjalanan. Jangan sampai ada satu hari kamu hanya diam saja di dalam hotel karena bingung mau ke mana. Sayang sekali, kan? Dengan adanya rencana perjalanan, kamu bisa lebih eksplorasi mengenai tempat tersebut. Cara mudahnya, cari info destinasi apa yang menarik di kota tujuan, lalu buat daftar. Setelah itu, kamu lihat di peta, apakah rute dari destinasi A ke destinasi B masih berdekatan atau jauh sekali. Trik seperti ini dapat menghemat waktumu saat di perjalanan.

Siapkan daftar kegiatan

Daftar kegiatan ini berguna sebagai panduan solo traveling nanti agar liburan kamu bermanfaat. Contohnya saat di Lombok kamu akan belajar jenis musik tari Mandalika bersama warga lokal. Atau ketika di Yogyakarta kamu ingin belajar membatik. Kegiatan ini selain bermanfaat, juga bisa membantu kamu agar tidak merasa kesepian selama solo traveling.

Mencari tahu transportasi umum

Walau ada taksi online dan ojek online, transportasi umum dinilai lebih seru dan murah. Kulik transportasi umum apa saja yang terdapat di daerah yang kamu tuju. Apakah bis, angkot, atau delman? Cek juga rute sesuai destinasi yang sudah kamu buat. Misalnya dari Semarang ke Solo apakah ada kereta dalam kota atau shuttle bus. Dengan naik transportasi umum ini selain lebih murah, kamu juga bisa mengenal kehidupan warga yang ada di sana. Lebih bagus jika kamu bisa ngobrol dan bertanya apa kuliner yang khas, sejarah suatu tempat, hingga destinasi apa lagi yang menarik di kota tersebut. Go local!

Reservasi akomodasi via online

Di zaman yang serba online seperti saat ini, rasanya sudah tidak asing lagi untuk reservasi hotel menggunakan aplikasi. Pilih hotel yang aman dan sebisa mungkin di daerah ramai seperti misalnya di area wisata Mandalika Lombok. Lihat dan cek perlahan review hotel tersebut dari orang-orang. Apakah sudah sesuai dengan standarmu baik dari segi fasilitas maupun kebersihan? Lalu cek juga jika ada komplain, apakah cukup fatal atau bisa dimaklumi. Setelah semuanya oke, cek juga apakah ada promo yang ditawarkan aplikasi tersebut. Lumayan, lho, jika kamu dapat promo, kelebihan budgetnya bisa dialokasikan ke pos yang lain.