Cara terbaik atasi konflik didalam keluarga

Membina Keluarga Bahagia MariBicara

Tahukah anda pengertian dan fungsi keluarga keluarga hingga menikmati bahagia yang sesungguhnya? Keluarga bahagia bukan lah keluarga yang tanpa ada konflik atau permasalahan didalamnya. Karena dalam sebuah keluarga tentu pernah mengalami konflik atau permasalahan sekalipun keluarga tersebut dinilai sebagai keluarga yang bahagia dan harmonis. Karena bukan berarti diantara anggota keluarga tersebut tidak pernah terjadi konflik.
Seperti halnya sepasang suami istri di dalam keluarga juga ada konflik yang nantinya dapat menjadi cara untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Apabila konflik atau permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara yang baik. Pengertian keluarga dan fungsi keluarga bahagia adalah masing – masing anggota keluarga dapat bersama – sama untuk menyelesaikan konflik atau permasalahan yang tengah terjadi dengan cara yang terbaik dan efektif. Dibutuhkan juga peran serta seluruh anggota keluarga tersebut untuk mengatasi konflik atau permasalahan yang sedang terjadi. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memulai penyelesaian konflik yang terjadi di dalam keluarga tersebut diantaranya :

* Identifikasi permasalahan yang sedang terjadi dengan seluruh anggota keluarga untuk memperjelas permasalahannya.
*   Diskusikan permasalahan atau konflik yang sedang terjadi dengan seluruh anggota keluarga.
*   Mintalah pendapat dari masing-masing seluruh anggota keluarga dengan pendapat atau solusi dari setiap anggota keluarga akan ditemukan cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
*   Apabila kondisi atau situasi telah memanas , ada baiknya apabila mengambil waktu untuk calm down sejenak.
*    Ambil sebuah solusi yang terbaik dan minta persetujuan dari setiap anggota keluarga.
*    Buktikan pendapat atau solusi tersebut dengan tindakan nyata. Karena pendapat atau solusi tanpa adanya tindakan yang nyata sama dengan permasalahan tersebut tidak akan pernah terselesaikan.
Untuk menyelesaikan konflik atau permasalahan dengan baik, sangatlah dibutuhkan komunikasi dalam keluarga agar masing – masing anggota keluarga dapat tebuka dengan anggota keluarga yang lainnya. Apabila hubungan komunikasi dari keluarga itu berjalan baik maka akan tercipta keterbukaan antara sesama anggota keluarga. Setidaknya anda harus meluangan waktu untuk berkumpul bersama keluarga anda di dalam setiap harinya.

No comments.

Leave a Reply