Mengatasi Sakit Gigi

5 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

Hampir setiap orang tentu pernah mengalami gangguan gigi yang satu ini. Kondisi ini terbukti sangat menyiksa karena terasa nyeri yang menyebar kemana-mana, sehingga banyak orang yang tidak tahan dengan sakitnya. Ada beberapa cara mengobati sakit gigi yang terbukti ampuh. Untuk itu, yuk pahami cara mengobati gigi yang sakit menurut Pepsodent!

Cara Untuk Mengobati Gigi yang Sakit

1. Berkumur dengan Air Garam

Sejak zaman dahulu, air garam terbukti dapat mengatasi peradangan saat gigi terasa sakit. Cara ini bisa anda gunakan sebagai penanganan pertama sebelum harus periksa ke dokter. Untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel di gigi, sebaiknya anda melakukan flossing gigi sebelum berkumur menggunakan air garam.

Setelah itu, ambil satu hingga dua sendok makan garam dapur dan larutkan ke dalam gelas yang berisi air hangat. Kemudian, gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Hal penting yang harus anda ingat adalah larutan garam ini tidak untuk diminum, sehingga pastikan anda memuntahkannya kembali setelah berkumur.

2. Mengompres dengan Es Batu

Umumnya, gigi yang sakit juga disertai dengan gusi yang bengkak dan terasa nyeri. Cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah dengan kompres dingin atau mengompres menggunakan es batu. Cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk meredakan bengkak yang muncul akibat sakit gigi.

Selain itu, kompres es batu juga dapat mengurangi perdarahan ke dalam jaringan gusi. Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu membungkus beberapa keping es batu dengan handuk kecil. Setelah itu, tempelkan handuk tersebut ke pipi selama kurang lebih 15 menit sampai 20 menit dan anda bisa melakukannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Mengunyah Bawang Putih

Cara yang satu ini menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di bahan masak. Mengapa menggunakan bawang putih? Bawang putih memiliki sifat antibiotik dan antiseptik yang dapat membantu melawan infeksi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih bisa anda lakukan dengan memotong bawang putih yang sudah dikupas menjadi dua bagian.

Setelah itu, letakkan bawang putih yang masih mentah tersebut ke bagian gigi yang sakit. Selain dengan cara ini, anda juga bisa mengunyah bawang putih secara langsung selama beberapa menit. Pusatkan kunyahan bawang putih di bagian gigi anda yang sakit agar kandungan di dalamnya dapat diserap dengan baik.

4. Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara ini juga termasuk cara yang alami untuk mengobati sakit gigi. Anda bisa memanfaatkan daun jambu biji yang mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk penggunaannya bisa langsung dikunyah setelah dibersihkan dan bisa juga anda rebus untuk dijadikan sebagai obat kumur.

5. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri yang bisa anda temukan di apotek tanpa perlu resep dari dokter. Untuk menggunakannya, pastikan anda membaca aturan pakai dengan baik dan benar untuk menghindari resiko sakit gigi yang lebih parah. Jika gejala sakit gigi belum juga berkurang, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sakit gigi memang kondisi gangguan pada gigi yang sangat menyiksa karena sakit dan nyeri. Tidak jarang para penderitanya juga kesulitan untuk makan dan tidur. Oleh karena itu, beberapa cara di atas bisa anda gunakan untuk mengatasi gigi yang sakit sebelum periksa ke dokter. jika keluhan belum juga hilang, maka sudah saatnya untuk memeriksakan diri ke dokter.