Mobil Seva

5 Tips Menabung DP Mobil Baru Supaya Cicilan Rendah

Tahu tidak? Pembayaran uang muka ternyata bisa bikin cicilan dan suku bunga rendah? Dengan catatan dana setoran awal harus berjumlah besar. Hal ini dikarenakan utang Anda tidak sebesar jika tidak membayar uang muka sama sekali.

Masalahnya, tak sedikit orang yang merasa berat di uang muka. Sehingga memutuskan untuk mengambil penawaran dengan DP 0%. Kenyataannya hal itu justru membuat cicilan dan suku bunga lebih tinggi, karena tunggakan yang besar.

Tips Mengalokasikan Dana untuk Membayar DP

Membayangkan harus membayar uang muka dengan nilai yang besar memang terkadang menakutkan, apalagi jika Anda berpenghasilan standar. Panduan berikut akan membantu Anda terkait tips menabung supaya mampu membayar DP mobil baru dalam jumlah besar:

1.     Ketahui Budget yang Dibutuhkan

Budget yang dibutuhkan seharusnya menjadi hal paling utama yang perlu diketahui. Lakukan riset online terkait harga dan jenis mobil impian. Atau menggunakan platform beli mobil online untuk mengetahui tipe mobil yang sesuai kebutuhan.

Layanan SEVA sangat bermanfaat untuk hal ini. Dilengkapi dengan fitur Instant Approval akan memudahkan Anda menemukan mobil yang paling sesuai dengan kekuatan finansial.

2.     Rajin Menabung

Terburu-buru mempunyai mobil walau dana belum memadai bukanlah langkah yang tepat. Siapkan dana dari jauh-jauh hari. Untuk itu, mulailah sisihkan sedikit dari gaji Anda. Baik itu 500 ribu, 100 ribu atau bahkan 50 ribu.

Menabung 500 ribu per bulan akan terkumpul menjadi 6 juta dalam setahun. Melakukan selama tiga atau empat tahun lagi maka Anda bisa membayar DP dalam jumlah besar.

3.     Jual Barang Tidak Terpakai

Pastinya ada satu atau lebih barang tidak terpakai di rumah Anda. Daripada dibiarkan begitu saja menjadi sarang debu, sebaiknya dijual agar menghasilkan uang tambahan. Menjual barang-barang tidak terpakai akan membantu menutupi kekurangan biaya DP.

Lebih baik lagi apabila Anda mempunyai kendaraan yang sudah tidak terpakai. Jika kendaraannya mobil, harga yang ditawar oleh pihak dealer biasanya berbeda-beda. Bandingkan dan pilih dealer yang menawarkan harga paling tinggi.

4.     Bekerja Sampingan

Dengan penghasilan standar, mungkin hanya bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Ini akan sulit mengandalkan gaji untuk menabung DP. Sebaiknya Anda mendapatkan pekerjaan sampingan untuk menambah sumber penghasilan baru.

Menghasilkan uang ekstra akan banyak membantu Anda dalam membayar DP dalam jumlah besar serta memenuhi cicilan bulanan.

5.     Potong Pengeluaran Tidak Penting

Tanpa disadari keuangan Anda mungkin mengalami kebocoran tipis-tipis. Sering-sering makan di restoran, berwisata ke luar kota, atau membeli paket data dapat menjadi biang masalah mengapa sulit menabung.

Jika membeli mobil adalah prioritas utama Anda saat ini, sebaiknya potong atau minimalisasi pengeluaran tidak penting tersebut. Dengan begitu tentu dana di tabungan akan menjadi lebih banyak.

Menerapkan tips-tips di atas akan membantu Anda menabung dari gaji standar supaya dapat membayar DP sebesar mungkin, alhasil cicilan dan suku bunga menjadi rendah. Namun, ini baru permulaan, pastikan sumber penghasilan stabil agar biaya cicilan terpenuhi.