Era Digital

Era Serba Digital, Bisnis Startup Semakin Menjanjikan

Era Digital

Tinggal klik semua yang kamu butuhkan akan langsung terpenuhi tanpa ribet dan tanpa menunggu waktu yang lama. Segala kemudahan untuk mencari informasi dan berbelanja sangat tersedia di era serba digital ini. Kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli apa yang dibutuhkan. Cukup dengan klik di aplikasi yang tersedia kamu sudah bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan mudah.

Tidak hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan berbelanja, aspek lainnya seperti pendidikan, konsultasi, bisnis, dan sosial pun bisa dibangun dalam startup. Bahkan untuk meningkatkan peran startup dalam menghadapi era digital ini, pemerintah memberi dukungan penuh melalui Kadin Indonesia. Bisnis startup diprediksikan akan menjadi bisnis yang mewarnai perkembangan ekonomi di era digital ini.

Bagaimana Peluang Bisnis Startup di Era Digital?

Perlu disadari bersama bahwa perkembangan bisnis sudah mulai beralih dari offline ke online. Hal ini tidak terlepas dari adanya perkembangan teknologi yang memberi kemudahan bagi siapa saja untuk merintis bisnis di dunia digital. Perubahan ini pun menjadi tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan bisnis digital seperti online shop atau bisnis startup.

Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan teknologi dan informasi semakin bergeser menjadi kebutuhan pokok. Setiap orang kini memiliki smartphone maupun perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. Meningkatnya jumlah pengguna internet membuat peluang berbisnis di dunia digital pun semakin menjanjikan.

Bisnis startup merupakan perusahaan yang berkembang di bidang teknologi dan informasi dalam berbagai jenis usaha. Usaha yang termasuk dalam bisnis startup seperti sistem pembayaran, pengembang aplikasi, atau perdagangan produk barang dan jasa. Bisnis ini semakin berkembang pesat di Indonesia dan bahkan jumlah startup lokal sendiri sudah mencapai ribuan dan akan terus bertambah.

Nama-nama e-commerce dan marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, ruang guru, atau tiket.com menjadi salah satu bukti kesuksesan bisnis startup. Pembinaan SDM unggul yang memiliki ide kreatif untuk membangun bisnis startup pun telah dilakukan sejak tahun 2015. Kini, bisnis startup bukan lagi hal yang tabu dan bahkan menjadi salah satu bisnis yang mampu meningkatkan perekonomian Indonesia dengan sangat baik.

 

Peran Kadin dalam Mendukung Bisnis Startup

Melihat peluang yang begitu besar dalam hubungannya dengan perekonomian di Indonesia, pemerintah pun tidak tinggal diam. Kamar Dagang dan Industri yang merupakan mitra strategis pemerintah memberi dukungan penuh kepada para pelaku usaha startup. Pada tahun 2019 ini Kadin menggelar acara 100 Innovations Networking Event yang mempertemukan hingga 120 orang pelaku startup dan korporasi.

Menurut Erik Hidayat yang merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa kolaborasi adalah hal yang harus ditempuh. Para pengusaha sangat didorong untuk melakukan kolaborasi baik dengan pemerintah maupun sesama pengusaha di era digital ini. Tujuannya agar bisnis startup di Indonesia yang sudah menempati posisi ke-5 di dunia ini dapat survive dan berkembang pesat di masa mendatang.

Banyaknya jumlah startup di Indonesia yang mencapai hingga ribuan ternyata baru sekitar 1% yang berhasil tumbuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab gagalnya sebuah startup untuk berkembang dan sukses. Di antara faktor tersebut adalah kurangnya sumber daya manusia yang unggul dan akses modal. Sehingga saling sharing dan berbagi informasi serta berkolaborasi menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kesuksesan bisnis startup yang sudah berkembang.

Dengan adanya kerjasama antara Kadin dan pelaku bisnis startup diharapkan dapat meningkatkan SDM unggul khususnya di bidang startup. Sehingga Indonesia akan semakin produktif dan menjadi negara maju dengan perekonomian yang semakin stabil dan meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *