Cara Mengatasi Mulut Pahit

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Pahit Dengan Tepat

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara mengatasi mulut pahit? Memang, mulut yang terasa pahit sangat identik dengan kondisi tubuh yang tidak sehat. Hal inilah yang membuat nafsu makan menjadi turun sehingga tubuh yang sakit tidak kunjung sembuh.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa mulut yang terasa pahit sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh sakit semata. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut muncul.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa penyebab mulut pahit dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Penasaran? Simak ulasannya!

Penyebab Umum Mulut Terasa Pahit

Masalah mulut pahit akan muncul karena disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda. Beberapa sebab umum yang menjadi biang munculnya masalah mulut pahit tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gangguan asam lambung

Masalah mulut yang terasa pahit bisa muncul disebabkan karena gangguan asam lambung. Asam lambung bisa naik karena konsumsi makanan pedas dan berlemak secara berlebihan ataupun stress. Nah, naiknya asam lambung akan berimbas pada mulut yang terasa pahit.

  • Mulut kering

Sebab lain dari masalah mulut terasa pahit adalah mulut yang kering. Dalam hal ini, kurangnya produksi air liur bisa menjadi sebab munculnya rasa pahit pada mulut. Bisa jadi, mulut kering muncul karena konsumsi obat tertentu, dehidrasi ataupun masalah merokok.

Kedua hal di atas menjadi sebab umum kenapa mulut bisa terasa pahit. Sebagai tambahan, masalah ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi hal yang menyebabkan mulut terasa pahit.

Cara Mengatasi Mulut Pahit Dengan Tepat

Berbincang tentang cara mengatasi mulut pahit dengan tepat, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Adapun beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berkumur dengan baking soda

Untuk mengatasi mulut yang terasa pahit, Anda bisa berkumur dengan larutan baking soda. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal mencampur ¼ sendok teh baking soda dan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air. Gunakan air larutan tersebut untuk berkumur dan bilas dengan air bersih.

  • Memperbanyak konsumsi air putih

Jika Anda merasakan rasa pahit pada mulut, maka Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih untuk mengatasinya. Konsumsi air putih yang banyak selain baik untuk mencegah dehidrasi, juga baik untuk menjaga produksi air liur yang nantinya akan mengatasi masalah mulut pahit.

  • Konsumsi jeruk atau lemon

Untuk mengatasi mulut yang terasa pahit, Anda bisa mencoba mengonsumsi jeruk atau lemon. Kedua buah ini memiliki acidity yang cukup tinggi dan bisa merangsang indera perasa sehingga mulut tidak akan terasa pahit.

  • Mengunyah permen karet

Cara lain untuk mengatasi mulut yang terasa pahit dengan mudah adalah mengunyah permen karet. Tentu, dalam hal ini, ada baiknya jika Anda memilih permen karet dengan rasa buah yang cenderung menyegarkan. Dengan mengunyah permen karet, maka rasa pahit di mulut nantinya akan berpendar dan cenderung hilang.

Beberapa hal di atas adalah apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mulut yang terasa pahit. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda berusaha untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi setiap hari sebagai pencegahan masalah mulut yang pahit.

Ya, menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah cara mengatasi mulut pahit yang sangat efektif. Pasalnya, dengan membiasakan menggosok gigi secara teratur di pagi dan malam hari, maka mulut akan senantiasa terasa lebih segar.