Cara Mendidik Anak di Usia Emas agar Tumbuh Optimal

Cara Mendidik Anak

Sebagai orang tua yang baik, tentunya Anda harus memberikan bimbingan dan arahan yang tepat agar si kecil memiliki akhlak mulia seperti yang Anda inginkan. Usia 0 tahun merupakan masa kritis bagi perkembangan otak si kecil. Sebab pada masa ini perkembangan otak anak berjalan lebih cepat dan pesat. Berikut cara mendidik anak di usia emas agar tumbuh optimal.

Bersikap Lembut dan Beri Kasih Sayang yang Tulus

Bersikap lemah lembut merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Sebab dengan tutur kata yang lembut anak akan mendengarkan perkataan orang tuanya. Selain bersikap lemah lembut, pastikan Anda juga selalu memberikan kasih sayang tulus. Mulai dari katakan jika Anda menyayanginya, pelukan, atau ciuman yang bisa menjadi penyemangat untuknya.

Bangun Kreativitas dengan Bermain Bersama

Mendidik anak bukan berarti harus selalu membuat peraturan baru yang tidak menyenangkan bagi sang buah hati. Namun juga bisa dengan cara bermain bersama. Biarkan sang buah hati belajar sesuatu dari Anda dengan cara yang menyenangkan. Mulai dari bermain, menari, atau bahkan bermain musik bersama.

Hindari Mengatakan Jangan

Cara mendidik anak selanjutnya adalah hindari berkata jangan. Poin ini merupakan salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang tua. Sebab kata ini bisa berdampak negatif yang akan membuat si kecil menjadi tidak berkembang. Ada baiknya Anda gunakan kata lain yang bermakna positif agar sang  buah hati bisa lebih mengerti.

Jadilah Panutan dan Idola bagi Si Kecil

Setiap anak tentunya memiliki idola di dunia imajinasinya. Meski demikian, tentu anak juga ingin memilikinya di dunia yang sesungguhnya. Untuk itu sebagai orang tua, sebisa mungkin jadi apa yang diinginkan anak dan selalu bisa diandalkan. Salah satunya adalah dengan memberikan apa saja yang menurut Anda terbaik bagi sang buah hati.

Berikan Rasa Nyaman

Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah menumbuhkan rasa nyaman ketika anak sedang bersama dengan Anda. Agar si kecil merasa nyaman, jangan jadikan diri Anda sebagai orang yang paling tahu dalam segala hal sehingga Anda akan mendominasi pembicaraan. Jadilah seperti seorang teman yang perlu untuk didengarkan dengan baik dan penuh rasa empati.

Tumbuhkan Sikap Menghormati

Hal paling penting yang perlu Anda lakukan adalah ajarkan pada sang buah hati untuk menghormati siapa saja. Baik itu orang yang lebih tua maupun teman sebayanya. Hal yang satu ini cukup penting untuk diterapkan sejak usia dini. Dengan begitu saat dewasa nanti, sang anak akan berlaku hormat kepada semua orang.

Ajarkan Rasa Tanggung Jawab

Selian belajar menghormati, si kecil juga harus belajar bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya. Ajarkan dan ingatkan si kecil untuk selalu memiliki rasa tanggung jawab pada dirinya. Misalnya ketika tiba waktu sekolah, maka si kecil harus bersekolah. Jika ia bertanya mengapa, berilah alasan yang bisa dimengerti dan dipahami oleh anak.

Ajarkan untuk Meminta Maaf

Meminta maaf atas kesalahan yang sudah diperbuat merupakan salah satu tindakan yang mulia. Untuk itu penting bagi Anda mengajarkan si kecil agar mau meminta maaf atas kesalahan yang sudah dilakukannya. Secara tidak langsung hal ini akan mengajarkan pada si kecil jika perbuatan yang sudah dilakukannya merupakan tindakan yang kurang terpuji.

Itulah beberapa cara mendidik anak di usia emas agar pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal. Sebagai orang tua yang baik pastikan Anda selalu mengajarkan hal-hal yang positif untuk anak. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi nutrisi harian si kecil dengan rutin meminum susu Dancow agar pertumbuhannya dapat berjalan lebih maksimal.

No comments.

Leave a Reply