Makanan 1 Tahun

Panduan Pemberian Makanan Untuk Anak Umur 1 Tahun, Orang Tua Wajib Tahu!

Anak yang sudah memasuki usia 1 tahun memiliki kebiasaan yang berbeda ketika makan. Mereka mulai bisa memilih makanan mana yang disuka. Selain itu, si kecil juga sudah mulai mahir makan menggunakan tangan. Jenis makanan untuk anak umur 1 tahun tentunya berbeda dengan sebelumnya. Berikut panduan yang bisa anda gunakan dalam memberikan asupan nutrisi kepada anak.

Keterampilan Makan Anak Usia 1 Tahun

Ketika anak menginjak usia 1 tahun, maka keterampilan makannya akan jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Meskipun belum bisa menggunakan peralatan makan sendiri, umumnya si kecil sudah mahir dalam mengambil, menggenggam, dan memasukkan makanan ke dalam mulut. Selera makanan pun juga mulai berubah.

Perubahan ini bisa jadi disebabkan oleh pemberian variasi makanan setiap harinya. Meski sudah mahir dalam menggunakan tangan untuk makan, namun kemampuan mengunyahnya masih belum sempurna. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh anak. Jangan sampai anak tersedak makanan yang ukurannya terlalu besar dan tidak bisa dikunyah.

Dalam memberikan makanan untuk anak umur 1 tahun, sebaiknya anda menuntun secara perlahan bagaimana cara makan yang benar. Ingatkan dengan lembut jika si kecil melakukan kesalahan saat makan dan beri kesempatan untuknya mengeksplorasi kemampuannya agar bisa makan dengan tata cara yang benar.

Makanan yang Cocok Untuk Anak Usia 1 Tahun

Di usia ini, anak sudah mulai bisa mengunyah makanan yang bentuknya padat karena pertumbuhan giginya sudah lebih banyak dari sebelumnya. Perkembangan ini bisa anda manfaatkan untuk mulai mengenalkan makanan yang berbentuk padat agar kemampuan mengunyah anak juga semakin terasah.

Makanan padat ini bisa anda olah dari daging, sayuran, atau buah-buahan. Melansir dari website resmi Anmum, jenis makanan yang bisa anda berikan berupa olahan nasi, daging, ayam, telur, roti, apel, melon, semangka, dan lain-lain. Banyak jenis bahan yang bisa anda olah menjadi makanan untuk anak usia 1 tahun, namun tetap harus diperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya.

Makanan yang dikonsumsi oleh anak harus bisa mencukup kebutuhan kalori per harinya, yaitu sebesar 1000 hingga 1400 kalori per hari. Kalori dari makanan untuk anak umur 1 tahun ini bisa diperoleh dari berbagai sayuran, buah-buahan, susu, sumber protein hewani, sumber karbohidrat, dan sumber protein nabati.

Frekuensi Makan dalam Satu Hari

Porsi makanan yang bisa anda berikan untuk anak umur 1 tahun bisa lebih banyak dari usia sebelumnya. Sebab sebelum menginjak umur 1 tahun, anak telah belajar untuk mengenal berbagai macam tekstur dan jenis makanan. Anda bisa memberi makan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari dengan pemberian makanan selingan sekitar 1 sampai 2 hari sekali.

Untuk porsinya, anda bisa meningkatkan secara perlahan hingga mencapai ¾ mangkuk yang berukuran 250 mililiter. Jumlah ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anak. Jika anak sedang susah makan, anda bisa memberikan porsi yang lebih kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering. Yang terpenting dari makanan untuk anak umur 1 tahun kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Pemberian makan kepada anak memang tidak bisa sembarangan karena kondisinya tidak sama dengan orang dewasa yang bisa makan apa saja. Perihal tekstur, jenis, dan kandungan makanan benar-benar harus diperhatikan sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Untuk anak usia 1 tahun, anda bisa memberikan makanan dengan porsi yang lebih banyak dan tekstur yang lebih padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *