Wall Push Up

Jenis Olahraga Memperlancar ASI

Salah satu cara terbaik untuk memperlancar asi adalah dengan melakukan olahraga ringan. Dengan berolahraga dapat menjaga kesehatan fisik maupun mental. Kegiatan menyusui bisa saja membuat merasa kelelahan dan bahkan stress karena asi tiba-tiba tidak lancar. Untuk itu selain mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup, kegiatan olahraga juga perlu dilakukan.

Gerakan Olahraga yang Memperlancar Asi

1. Wall Push Up

Olahraga ini sangatlah simple dan mudah dilakukan bagi ibu menyusui. Cukup dengan berdiri menghadap dinding sebagai tumpuan sembari meregangkan kaki selebar bahu dan juga menempelkan sambil menekan kedua telapak tangan anda pada dinding. Dengan menekan dinding ini anda akan melakukan gerakan seperti mendorong.

Anda harus mencondongkan tubuh ke arah dinding sampai tangan menekuk namun dengan mempertahankan posisi kaki. Tarik tubuh anda ke belakang sampai tangan menjadi lurus lalu ulangi gerakan ini agar otot lengan menjadi lebih kuat. Gerakan ini dapat dilakukan dimana saja karena hanya membutuhkan dinding untuk tumpuan.

2. Plank

Posisi gerakan plank ini mirip dengan gerakan push up. Gerakan ini aman untuk ibu menyusui dan merupakan cara terbaik untuk memperlancar asi. Gerakan ini akan melatih otot punggung, dada, bahu, leher, dan juga mengencangkan otot tangan, perut, bokong dan juga kaki. Selain itu gerakan ini dapat membakar kalori yang bisa menurunkan berat badan anda.

Olahraga akan membantu mengembalikan energi anda yang cukup terkuras untuk mengurusi beragam aktivitas rumah dan merawat bayi. Tak heran banyak ibu menyusui yang juga merasa kelelahan dan kewalahan. Olahraga ini akan meregangkan tubuh sehingga anda tidak sampai merasa stress dan merasa lebih rileks.

3. Sit Up

Gerakan ini juga aman dilakukan untuk ibu menyusui asalkan tidak ada masalah pada otot dan organ reproduksi pasca anda melahirkan. Dengan gerakan sit up ini dapat melatih berbagai otot tubuh seperti otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher agar dapat lebih kuat dan kencang dan membuat tubuh lebih fit.

4. Angkat Beban Ringan

Selain sebagai cara terbaik untuk memperlancar asi anda, gerakan mengangkat beban ini dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebihan dan juga menyehatkan tulang serta memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini dapat melatih kebugaran otot sehingga badan akan terasa lebih rileks dan nyaman.

Anda dapat menjadikan gerakan ini sebagai salah satu variasi dalam berolahraga. Angkat kedua kaki hingga lutut sejajar dengan wajah anda, lalu letakan beban yang anda pakai olahraga diatas kaki untuk kemudian dinaik turunkan selama beberapa kali. Gerakan mengangkat beban dengan gaya seperti ini dapat menguatkan otot kaki anda.

5. Yoga Pasca Persalinan

Yoga adalah gerakan ringan yang direkomendasikan. Meskipun terlihat ringan, gerakan yoga membantu membakar kalori dan juga membuat tubuh rileks. Jenis olahraga low impact ini dapat dilakukan pasca persalinan untuk menurunkan berat badan setelah masa kehamilan serta sebagai cara terbaik untuk memperlancar asi dan mengurangi nyeri di payudara saat menyusui.

Dengan suasana hati yang baik kualitas bonding saat menyusui pun akan membaik dan sehingga ibu menyusui akan terbebas dari stres dengan asi yang macet. Anda dapat menyisihkan waktu beberapa menit saja untuk berolahraga dan gerakan ini dapat dilakukan dimana saja.

Itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan berolahraga secara rutin setiap hari selama anda menyusui. Tak hanya memperlancar asi, olahraga akan membantu meningkatkan tubuh yang fit. Menjaga kesehatan sangatlah penting, karena ibu menyusui tidak boleh sampai mengalami gangguan kesehatan karena akan berdampak pada bayinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *