Jual Kamera Anda Jika Performa Kamera dan Lensa Mulai Menurun

Jual Kamera

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk melakukan jual kamera yang selama ini menjadi sahabat dalam setiap sesi fotografi. Namun menariknya masih banyak penikmat fotografi entah sebagai profesi maupun sekedar hobi, masih berpikir sekian kali sebelum menjual kameranya. Masih ada perasaan sayang kalau dijual karena ada kenangan atau mungkin karena memang terbersit keinginan untuk mengoleksinya. Apapun itu alasannya tentu perlu ditinjau dulu baik buruknya kamera lama ini dijual kemudian beralih ke kamera baru.

 

Menjual kamera lama tentu tidaklah sulit, asalkan sudah yakin hendak menjualnya maka bisa dititipkan ke salah satu toko online yang khusus menjual produk preloved atau bekas. Opsional lain adalah menawarkannya melalui situs jual beli online yang biasanya dikunjungi banyak orang. Menjual produk kamera pun tidak harus dilakukan lewat media online bisa pula dijual secara langsung. Misalnya ditawarkan ke teman satu komunitas fotografi, atau tetangga sendiri.

Alasan Tepat Perlu Menjual Kamera Kesayangan

Kamera jenis apapun meski sudah lama dipakai tetap akan laku dijual, entah kondisinya masih prima atau ada cacat. Kondisi ini menentukan harga jual akan tetapi secara umum kamera model seperti apapun dijamin laku. Asalkan memilih media penjualan yang tepat kemudian ditawarkan dengan harga yang bagus, setidaknya tidak melebihi harga kamera bekas di pasaran. Sementara bagi yang masih menimbang-bimbang untung ruginya menjual kamera kesayangan.

Alangkah baiknya mencoba berkenalan dulu dengan beberapa alasan berikut yang memang mendukung aksi jual kamera yang selama ini dipakai:

  • Fitur yang sudah tidak sesuai lagi,

Salah satu alasan kuat mengapa kamera kesayangan patut untuk segera dijual adalah karena fitur yang sudah tidak mendukung. Setiap kamera dibekali dengan fitur dan spesifikasi bawaan yang khas, dan semua fotografer memilih kamera sesuai kebutuhan. Ketika beralih profesi dan memerlukan fitur tertentu yang tidak ada di kamera lama maka baiknya dijual. Uang yang didapat bisa menutup kekurangan membeli kamera yang fiturnya lebih sesuai.

  • Performa kamera dan lensa yang menurun,

Semakin bertambah umur kamera tentu semakin menurun performanya, bisa jadi malah dijumpai beberapa error. Ketika merasa sulit untuk menemukan tukang service kamera yang tepat dan kadang biaya perbaikan sangat mahal. Maka tidak keliru jika diputuskan untuk dijual saja, siapa tahu uang penjualan bisa dipergunakan untuk keperluan lain. Atau mungkin membeli kamera baru yang performa dan kualitas lensanya masih maksimal.

  • Beralih ke jenis kamera lain,

Setiap jenis kamera memiliki sistem yang khas, salah satunya adalah antara kamera DSLR dengan mirrorless. Keduanya mampu menghasilkan foto yang berkualitas dengan beragam teknik yang membuat hasilnya semakin kreatif sekaligus dramatis. Namun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, ketika merasa lebih cocok dengan sistem kamera lain. Maka dianjurkan menjual kamera lawas Anda, semisal lebih cocok memakai mirrorless maka kamera DSLR yang dimiliki baiknya dijual daripada memenuhi lemari.

  • Penampilan kamera sudah usang,

Alasan lainnya yang membuat penjualan kamera baiknya dilakukan adalah setelah melirik tampilan kamera itu sendiri. Ketika tampilan fisik kamera sudah usang maka akan lebih baik jika dijual sebelum bertambah parah. Kamera yang usang ini meski sedikit tentu bisa laku lebih mahal ketimbang nanti kalau sudah parah, dan bisa jadi malah rusak selang beberapa bulan lagi. Padahal kalau dijual pasti ada yang terbantu untuk memiliki kamera murah dan belajar fotografi, sehingga tindakan jual kamera bisa dikatakan membantu orang lain.

No comments.

Leave a Reply