Bandwidth ASTINet

Apa Itu Bandwidth? Yuk, Simak Penjelasannya!

Seiring dengan peningkatan kecanggihan teknologi, manusia semakin membutuhkan internet dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, setiap orang wajib untuk beradaptasi ketika mengoperasikan internet. Seringkali kita mendengar istilah baru yang masih awam untuk keseharian kita terkait dengan teknologi. Salah satunya yaitu bandwidth.

Bandwidth dikenal berhubungan dengan kapasitas volume sebuah informasi dalam satuan unit waktu ke waktu sebagai suatu media transmisi. Apabila Anda tertarik pada bidang teknologi informatika, pastinya tidak asing dengan bandwidth. Namun, apabila Anda belum mengetahui lebih jauh terkait dengan bandwidth. Berikut penjelasan apa itu bandwidth beserta dengan fungsi, manfaat dan cara kerjanya.

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan dalam satu waktu dalam pertukaran data, maksudnya kapasitas yang digunakan adalah kabel ethernet agar dapat ditransfer melalui trafik paket data dengan tingkat maksimal tertentu.

Dapat disimpulkan, semakin besar bandwidth maka semakin lancar pula data yang akan ditransfer. Jadi, tidak salah apabila bandwidth merupakan hal yang menjadi pertimbangan pengguna jaringan internet.

Fungsi Bandwidth

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan bandwidth, maka dari itu ketahui fungsi bandwidth berikut ini:

  • Media Pengirim Data

Bandwidth dapat menghubungkan berjalannya proses transfer data. Jika diumpamakan, ibarat kabel fisik LAN sebagai konektor antara LAN dan juga perangkat komputer. Maka, bandwidth juga menjadi jembatan penghubung dalam proses pertukaran data dan informasi.

  • Dapat Membatasi Kecepatan Transfer

Bandwidth dapat menjadi pembatas dalam kecepatan transfer data, hal ini berguna agar transfer data terhindar dari pencurian data oleh hacker.

  • Dapat Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Bandwidth bisa menjadi pembatas kecepatan pengiriman data dalam satuan waktu tertentu, yang memiliki tujuan untuk mengurangi traffic yang tinggi yang mengakibatkan adanya gangguan stabilitas jaringan karena melebihi kapasitas bandwidth yang tersedia.

Apa Manfaat Bandwidth?

Setelah mengetahui apa itu bandwidth beserta fungsinya, Anda dapat memahami manfaat bandwidth berikut ini:

  • Dapat mempercepat proses transfer data antara satu server dengan server lainnya.
  • Dapat memberikan keamanan yang berlebih agar data dan informasi terlindung dari incaran hacker.
  • Ketika proses transfer data berlangsung, bandwidth dapat mencegah terjadinya gangguan stabilitas jaringan.

Lantas, Bagaimana Cara Kerja Bandwidth?

Cara kerja bandwidth masih sejalan dengan fungsi yang dimiliki, yaitu sebagai pembatas dan juga media dalam proses transfer data. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bandwidth dapat dihitung dalam satuan bit per detik. Perlu diketahui bahwa bit dalam bandwidth berbeda dengan byte dalam ukuran suatu data. Bit dalam bandwidth adalah ukuran data dalam melakukan transfer data. Maka, jumlah bit tentu akan berbanding lurus dengan jumlah besaran bandwidth yang dimiliki.

Bandwidth sangat bergantung kepada kebutuhan yang dimiliki oleh pemakainya, karena bandwidth juga dapat mempengaruhi aktivitas yang dijalani oleh penggunanya. Seperti ASTInet yang bisa memberikan bandwith berskala besar sesuai dengan tuntutan bisnis. ASTInet adalah layanan akses internet melalui Dedicated Internet selama 24 jam sehari dengan jaminan ratio bandwidth 1:1 sampai titik referensi.

ASTInet biasa ditujukan untuk network pelanggan yang mandiri, karena teknologi ini dapat menghindari internet lambat atau down di waktu sibuk.