Macam Gaya Renang

Macam-macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Bisa dikatakan bahwa renang menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari karena selain menyenangkan juga menyegarkan. Tidak hanya itu, terkait olahraga yang satu ini, ada macam macam gaya renang yang bisa dilakukan di mana dengan beragam gaya tersebut, olahraga ini juga jauh dari kesan membosankan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa jenis gaya renang yang bisa dilakukan ketika melakukan aktivitas olahraga ini. Apa saja gaya berenang yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Gaya Renang yang Perlu Diketahui dan Manfaatnya

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa ada beragam gaya berenang yang bisa dijadikan ide untuk melakukan olahraga yang satu ini. Tentu, dengan beragam gaya tersebut, berenang akan menjadi aktivitas olahraga yang sangat menyenangkan dan juga jauh dari kesan membosankan.

Adapun beberapa gaya berenang yang perlu diketahui dan nantinya dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Gaya bebas

Gaya bebas menjadi salah satu gaya berenang yang sangat populer karena termasuk yang cukup mudah untuk dilakukan. Ya, hal ini dikarenakan gaya berenang yang satu ini tidak memiliki teknik yang tinggi untuk menguasainya. Gaya bebas sendiri juga disebut dengan istilah front crawl atau merangkak ke depan.

Lantas, apa manfaat dari gaya berenang yang satu ini?

Perlu diketahui bahwa gaya berenang bebas memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari gaya berenang bebas adalah untuk menambah tinggi badan, melatih otot dan juga memperkuat pernapasan.

  • Gaya dada

Gaya dada juga menjadi salah satu gaya berenang yang cukup populer. Gaya berenang yang satu ini disebut juga dengan istilah breast stroke. Namun, di Indonesia, istilah yang populer untuk menyebut gaya berenang ini adalah gaya katak. Pasalnya, gerakan yang dilakukan memang sekilas mirip dengan gerakan katak ketika berenang di air.

Nah, gaya berenang dada memiliki cukup banyak manfaat yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu manfaat dari gaya berenang yang satu ini adalah untuk menghilangkan stress yang muncul.

Tidak hanya itu, gaya berenang ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan juga menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Anda yang ingin menjalankan diet tentu bisa mengaplikasikan gaya berenang yang satu ini.

  • Gaya kupu-kupu

Gaya berenang lainnya yang bisa Anda lakukan ketika menjalankan olahraga ini adalah gaya kupu-kupu. Banyak kalangan yang menyebut bahwa gaya berenang kupu-kupu merupakan salah satu teknik berenang yang paling sulit dan biasanya dijadikan gerakan wajib untuk perlombaan renang di kompetisi yang besar.

Meskipun dikenal sebagai gaya berenang yang susah dan juga menguras banyak energi, gaya berenang ini memiliki segudang manfaat yang sangat penting. Beberapa diantaranya adalah melatih otot lengan dan secara efektif membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

Banyak pakar mengatakan bahwa gaya berenang ini sangat efektif untuk membakar kalori. Perhitungan yang dilakukan adalah bahwa melakukan gaya berenang kupu-kupu selama 10 menit sama dengan membakar kalori hingga 150 kalori.

  • Gaya punggung

Gaya punggung adalah jenis gaya berenang yang cukup sulit dilakukan oleh para pemula. Pasalnya, gaya berenang ini menuntut bagian punggung berada di permukaan air.

Meskipun susah, gaya berenang ini memiliki cukup banyak manfaat. Dengan melakukan gaya berenang, Anda nantinya akan memiliki tubuh yang cenderung lebih lentur serta menjaga kesehatan sendi dengan lebih prima.

Beberapa hal di atas adalah macam-macam gaya renang yang perlu diketahui dan manfaat yang bisa didapatkan. Pelajari beragam gaya berenang tersebut dan dapatkan manfaat terbaiknya.