Buah Jeruk

Mengintip 6 Buah Yang Baik Untuk Sakit Asam Urat, Yuk Cari Tahu Disini !

Penderita asam urat sebaiknya lebih memperhatikan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi setiap harinya. Khususnya dalam mengkonsumsi buah-buahan. Selain memenuhi kebutuhan harian, buah- buahan juga menjadi salah satu sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, bagi penderita penyakit ini, terdapat 6 buah yang baik untuk sakit asam urat? Yuk kita cari tau apa saja jenis-jenis buahnya!

Buah yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

1. Jeruk

Buah jeruk sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Untuk penderita penyakit satu ini, anda memang sangat dianjurkan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C ini. Karena sumber vitamin C pada buah jeruk memang baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Buah ini dapat menghancurkan dan mengurangi kadar asam urat yang dapat dikeluarkan bersama dengan urine.

Karena buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah jeruk juga baik dikonsumsi setiap hari oleh penderita penyakit ini dan berguna untuk menekan kadar asam urat dalam tubuh. Namun Anda juga perlu tahu seberapa banyak jumlah yang bisa dikonsumsi dalam sehari. Selain untuk asam urat, buah jeruk juga sebagai sumber vitamin C yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh.

2. Stroberi

Buah Stroberi dapat dikonsumsi dan termasuk buah yang baik untuk sakit asam urat. Sebab mengandung vitamin C yang tinggi. Ditambah dengan vitamin B5 berfungsi sebagai antioksidan dan juga bisa menjadi penghambat pembentukan asam urat dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Selain itu, buah stroberi dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk minuman.

3.Kiwi

Penyakit satu ini disebabkan  akibat pembentukan kristal dalam sendi yang menimbulkan peradangan. Mengonsumsi buah yang memiliki vitamin C adalah solusinya. Buah kiwi adalah salah satu buah yang juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa digunakan sebagai senyawa anti radang. Sehingga buah kiwi bagus untuk dikonsumsi sehari-hari pada penderita asam urat.

4. lemon

Kandungan sitrus pada buah lemon mampu mengatasi peradangan yang diakibatkan nyeri sendi. Buah lemon termasuk buah yang baik untuk sakit asam urat, karena dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Cara mengonsumsi buah tersebut juga mudah, hanya diambil sari buahnya dan ditambahkan dengan air hangat atau dengan madu.

5. Nanas

Buah yang mengandung vitamin C selanjutnya yakni buah Nanas. Selain vitamin C, buah nanas memiliki kandungan senyawa enzim bromelin. Dimana kandungan senyawa pada buah tersebut mampu berperan sebagai anti radang dan juga anti inflamasi pada kasus pembengkakan tulang persendian yang diakibatkan oleh asam urat. Sehingga buah ini aman dikonsumsi bagi para penderita penyakit ini.

6. Jambu Biji

Untuk yang terakhir ada buah jambu biji. Selain memiliki kandungan antioksidan bagi tubuh, kandungan vitamin C pada jambu biji juga dapat mengurangi rasa sakit pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat. Jambu biji juga termasuk buah yang baik untuk sakit asam urat. Karena kadar air dan senyawa yang terkandung pada buah jambu juga bisa meluruhkan kondisi ini melalui peningkatan jumlah urine.

Itu tadi beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam urat. Meski begitu, selain mengonsumsi buah-buahan, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi pada dokter tentang makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat dan juga melakukan medical check up untuk mengetahui jumlah kadar asam urat dalam tubuh.