Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Perawatan Rambut Setelah Smoothing, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Anda tentu sudah familiar dengan smoothing, bukan? Ya, smoothing adalah salah satu perawatan rambut yang kerap dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dan mudah diatur. Memang, efek smoothing bisa bertahan sekitar 6 bulan. Namun, bukan berarti perawatan rambut setelah smoothing tidak perlu dilakukan.

Perlu diketahui bahwa untuk menjaga rambut agar senantiasa lembut setelah proses smoothing, ada beberapa perawatan lanjutan yang perlu dilakukan. Pasalnya, proses smoothing dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Nah, jika setelah smoothing tidak ada perawatan yang dilakukan, bisa jadi rambut yang tadinya lembut justru akan bermasalah.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang apa yang perlu dilakukan terkait perawatan rambut setelah melakukan smoothing. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Melakukan Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Lembut dan Sehat

Berbincang tentang merawat rambut setelah smoothing, ada beberapa upaya perawatan yang bisa Anda lakukan dengan baik dan sebenarnya cukup mudah. Dengan perawatan yang tepat, efek smoothing akan bertahan lebih lama dan rambut pun juga akan terhindar dari masalah.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat rambut setelah smoothing. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hindari keramas selama 3 hari setelah smoothing

Sebagaimana dikatakan sebelumnya bahwa smoothing dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Nah, dalam hal ini, Anda sebaiknya menunda keramas hingga minimal 3 hari setelah smoothing.

Adanya jeda waktu ini dimaksudkan agar bahan kimia yang digunakan untuk proses smoothing bisa terserap dan bekerja secara sempurna. Tentu saja, nantinya hasil smoothing pun akan cenderung lebih baik dengan struktur rambut yang lebih lembut dan juga lurus.

  • Tidak keramas terlalu sering

Setelah proses smoothing selesai, maka sebaiknya Anda menghindari keramas yang terlalu sering. Pasalnya, keramas yang terlalu sering akan mengikis bahan kimia yang digunakan untuk smoothing. Akibatnya, efek smoothing pun akan lebih cepat hilang.

Nah, terkait keramas, Anda bisa melakukannya sekitar 3 kali dalam seminggu. Tentu, dengan jadwal keramas ini, Anda tetap bisa menjaga rambut tetap bersih dan juga tidak lepek.

  • Memilih sampo yang tepat

Untuk merawat rambut setelah smoothing, ada baiknya jika Anda memilih sampo yang tepat. Ya, ada banyak produk sampo yang tersedia di pasaran. Namun, dalam hal ini, pilih produk sampo yang aman untuk rambut setelah smoothing terutama agar tidak berefek pada bahan kimia yang digunakan.

  • Menggunakan kondisioner

Guna menjaga kelembutan rambut agar tetap mudah ditata setelah smoothing, menggunakan kondisioner juga termasuk salah satu perawatan yang disarankan. Sebagaimana diketahui, penggunaan kondisioner secara teratur akan meningkatkan kelembutan rambut. Hanya saja, Anda perlu selektif untuk memilih produk kondisioner yang tepat.

  • Hindari mengikat rambut

Setelah melakukan smoothing, ada baiknya jika Anda menghindari kebiasaan untuk mengikat rambut. Ini adalah hal yang penting untuk dilakukan karena mengikat rambut akan membuat hasil smoothing lebih cepat rusak. Tidak hanya itu, rambut yang diikat terlalu kencang pun memiliki risiko cepat patah.

Beberapa hal di atas adalah ragam perawatan rambut setelah smoothing yang bisa Anda lakukan. Tentu, masih ada beberapa perawatan lain yang juga bisa Anda lakukan setelah smoothing, seperti mengoleskan vitamin, menggunakan sisir dengan gerigi jarang dan lainnya. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukannya secara teratur. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: perawatan rambut setelah smoothing penting untuk dilakukan. Dengan perawatan tersebut, kesehatan dan kelembutan rambut akan lebih terjaga.