Sebelum Investasi Deposito Perhatikan Alasan Layak Tidaknya Dijadikan Investasi

Deposito Bank

Deposito atau tabungan berjangka merupakan salah satu fasilitas dari bank dengan debit atau tabungan yang dapat dipakai oleh banyak orang. Produk dari bank satu ini merupakan produk simpanan dalam bank dan penyetoran atau penarikan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Jadi tidak bisa dilakukan tarik setor sesuai keinginan.

Produk dari bank satu ini juga punya beberapa jenis, yakni berjangka, on call  atau yang hanya punya jangka waktu pendek atau sertifikat deposito dengan jangka waktu satu tahun atau kurang. Untuk masing-masing jenisnya juga hanya dibedakan dalam hal jangka waktu dan juga fasilitas pada saat pengambilan atau penyetoran.

Produk perbankan ini bahkan juga jadi salah satu alat investasi tetap dan jadi primadona untuk kaum muda atau bahkan orang tua sekalipun. Pada umumnya, nasabah akan melakukan investasi ini dikarenakan risiko yang didapat lebih minim daripada produk investasi lainnya. Bahkan Anda tidak akan kehilangan uang jika memilih investasi deposito.

Keuntungan Mendepositokan Uang

Jika Anda tidak ingin mendapatkan risiko besar saat menyimpan uang, maka mendepositokan uang ke bank bukan pilihan yang buruk untuk dilakukan. Hal inilah mengapa investasi deposit banyak diminati oleh nasabah. Jika memilih berinvestasi saham atau properti lainnya, maka Anda bisa mengalami kerugian.

Seperti yang sudah Anda ketahui, melakukan deposit akan memberi suku bunga cukup tinggi jika dibandingkan dengan melakukan tabungan umumnya. Jadi daripada Anda membiarkan uang dalam tabungan, akan lebih baik jika mengalokasikan dan mendepositokan uang Anda. Bahkan Anda juga tidak akan terkena biaya administrasi tiap bulannya.

Keuntungan yang lain jika melakukan deposito bank yakni lebih aman dan juga terpercaya. Tentu saja karena disimpan dalam bank, maka akan lebih aman. Sebab bank juga dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS). Sehingga saat bank tempat Anda menyimpan uang mengalami kebangkrutan, maka uang tetap kembali.

Jika Anda memilih investasi deposito, maka pihak bank akan memberikan kebebasan dalam memilih berapa lama jangka waktu yang Anda inginkan. Sedangkan suku bunga yang diberikan juga berbeda tergantung pada jangka waktu. Jadi semakin lama jangka waktunya, maka semakin besar bunga yang Anda dapat.

Mengapa Deposito Layak Dipilih Jadi Investasi?

Beberapa alasan mengapa tabungan berjangka bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin melakukan investasi. Salah satunya ialah suku bunga yang ditawarkan lebih tinggi. Untuk masalah ini sebenarnya juga tergantung pada tiap-tiap layanan bank yang Anda pilih untuk mendepositokan uang tersebut. Namun hampir semua bank akan menawarkan suku bunga tinggi.

Tabungan berjangka juga akan memberikan Anda suku bunga dalam jumlah yang tinggi dan  cukup rutin di interval tertentu. Dan beberapa pihak bank akan menyimpan, atau melakukan transfer bunga deposito yang di dapat ke rekening anda. Hal ini mengartikan jika walaupun Anda tidak memiliki akses dalam tabungan berjangka tersebut, namun masih bisa menikmati rutin.

Hal ini juga membuat para pensiunan lebih memilih berinvestasi tabungan berjangka. Produk investasi ini juga termasuk paling aman. Tentu saja tidak semua orang percaya dan meletakkan uangnya pada saham, properti, atau jenis investasi lain dengan risiko tinggi. Ada banyak hal juga yang harus dipahami jika ingin menanam saham.

Untuk itu Anda bisa mulai melakukan tabungan berjangka dari bank DBS, ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan, pemilihan waktu serta peletakan dana juga fleksibel. Jika anda ingin menarik uang anda di luar periode jatuh tempo juga bisa, sebab ada cut-off time dari DBS. Anda bisa memulai berinvestasi melalui digibank deposito dari bank DBS.

Leave a Reply