Shampo

5 Tips Memilih Shampo Rambut Rontok yang Paling Efektif

Masalah rambut adalah hal yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang dan ini tidak boleh disepelekan. Salah satu masalahnya yaitu rambut rontok yang bisa membuat rambut menjadi semakin tipis dan berpotensi kebotakan. Solusinya adalah memakai shampo anti rontok dan berikut ini tips bagaimana memilih shampo rambut rontok yang efektif untuk Anda:

1. Kenali Jenis Rambut

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana jenis rambut yang dimiliki karena setiap rambut punya karakteristik berbeda. Misalnya ketika rambut kering ataupun berminyak, maka nanti akan memerlukan perawatan yang tidak sama. Jadi sangat penting untuk memahami jenis rambut supaya nantinya bisa menyesuaikan dengan penggunaan sampo.

2. Kenali Sebab Kerontokan

Ketika keramas sebenarnya rambut rontok beberapa helai sebenarnya adalah hal wajar tetapi berbeda dengan kondisi rambut rontok parah. Kenali kondisi diri sendiri seperti apakah tengah menjalani diet atau karena aktivitas di luar ruangan yang berlebihan. Stress juga bisa menjadi penyebab rambut rontok dan mengenali penyebab rontok bisa mempermudah perawatan.

3. Utamakan Sampo dengan Bahan Alami

Bahan alami masih menjadi pilihan untuk mengatasi rambut rontok dan ini tidak berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Pilihlah sampo dengan bahan alami seperti ginseng yang bisa membantu menutrisi rambut dan memperbaiki kerontokan.

4. Memilih Shampo dengan Kandungan Nutrisi

Selain mengutamakan sampo dengan bahan alami, penting juga untuk memilih shampo dengan kandungan nutrisi tertentu. Sampo yang baik akan membuat rambut terasa lebih halus dan lembab dimana hal ini mencegah kerusakan rambut. Selain itu, ketika nutrisi rambut terpenuhi oleh sampo, maka akar rambut semakin kuat dan sulit rontok.

5. Memilih Sampo di pH yang Seimbang

Ada persyaratan tersendiri dimana sebenarnya sampo tidak boleh terlalu asam maupun terlalu basa. Kondisi pH yang optimal untuk sampo adalah 6,5 dan kondisi tersebut tidak akan membuat kulit kepala menjadi iritasi.

Jadi sebelum memilih shampo rambut rontok sebaiknya kenali dulu bagaimana kondisi rambut dan juga perkirakan penyebab kerontokan. Jangan lupa untuk membaca terlebih dahulu kandungan shampo agar sesuai dengan kebutuhan rambut.