Mencuci Baju Putih

Cek Disini! Cara Tepat Mencuci Baju Putih Agar Tidak Menguning

Baju putih memang sangat rentan akan berbagai risiko. Selain mudah kotor karena noda, merawat baju putih secara sembarangan nyatanya dapat membuat warna terlihat menguning dan tidak cemerlang. Lantas, bagaimana cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning? Informasi lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Tips Ampuh Mencuci Baju Putih Dengan Tepat

1. Cek Label Perawatan Pakaian

Setiap jenis pakaian pada dasarnya memiliki cara tertentu dalam perawatannya. Pasalnya, bahan yang digunakan perlu diperlakukan dengan cara perawatan yang berbeda. Tak ayal jika setiap baju seringkali dilengkapi dengan instruksi cara perawatan agar pakaian yang telah anda miliki tidak mudah rusak.

Baju putih yang dihadirkan dengan bahan sensitif seperti sutra dan wol, pakaian berbordir, berpayet hingga dipenuhi manik-manik diinstruksikan dengan label simbol dua garis sejajar di bawah ember. Intruksi tersebut memiliki makna bahwa perawatan baju sebaiknya dilakukan dengan menghindari penggunaan mesin cuci atau menggunakan tangan dalam mencuci pakaian.

2. Pilah Dan Pisahkan Baju Putih Ketika Mencuci

Cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning perlu dilakukan dengan memilah dan memisah. Lazimnya, warna putih yang sangat mencolok ini seringkali mudah terkena lunturan dari warna lainnya. Untuk itu, anda dapat melakukan penyortiran secara hati-hati agar baju putih tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya memisahkan pakaian putih dari warna lainnya, anda ternyata juga perlu memisahkan baju putih yang terkena noda dan tidak. Hal ini karena noda yang menempel pada salah satu baju putih terkadang bisa berpindah dan mengotori warna baju yang lainnya. Cara ini juga perlu dilakukan untuk menjaga pakaian agar tidak mudah kusam.

3. Gunakan Detergen Khusus Dan Bahan Alami

Selanjutnya, anda perlu menggunakan deterjen khusus untuk menghadirkan perawatan paling optimal. Memilih jenis deterjen dengan formulasi antinoda menjadi solusi alternatif untuk menjaga baju tetap putih cemerlang. Anda bahkan bisa mengaplikasikan deterjen ini pada bagian yang terkena noda dan bilas. Lalu, lanjutkan mencuci baju seperti biasanya.

Tak hanya dengan deterjen, cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning dapat anda lakukan menggunakan beberapa jenis bahan alami. Garam, cuka dan ammonia dapat dipilih untuk memberikan perawatan terbaik pada pakaian berwarna. Penggunaan ammonia dan air pun bisa mengatasi noda kuning membandel akibat keringat maupun kesalahan dalam mencuci.

4. Jangan Gunakan Air Panas

Menggunakan air panas memang sering diminati beberapa orang. Pasalnya, air panas dapat mengankat noda membandel yang menempel pada kain dengan cepat. Sayangnya, penggunaan air panas dapat memecah serat dan membuat warna pakaian menjadi cepat pudar. Bahkan, pakaian putih yang terkena noda protein akan semakin melekat jika menggunakan air panas.

5. Usahakan Tidak Menjemur Baju Di Bawag Matahari Langsung Terlalu Lama

Pengeringan pakaian setelah mencuci memiliki pengaruh besar untuk menghadirkan kualitas warna pakaian. Pasalnya, anda disarankan untuk menjemur langsung pakaian di bawah sinar matahari dari pada mengeringkannya melalui mesin cuci. Meski demikian, cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning dilakukan dengan menjemur pakaian tidak terlalu lama atau di area teduh.

Demikianlah beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam melakukan perawatan terhadap baju putih. Proses pemilahan, mencuci hingga menjemur perlu dilakukan dengan cerman agar baju yang anda miliki tetap awet dan tidak menguning. Anda juga dapat melihat review cleanipedia.com untuk melakukan perawatan terbaik terhadap setiap baju yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *