Makanan Selama Hamil

Makanan Yang Wajib Anda Konsumsi Selama Kehamilan

Makanan Selama Hamil

Kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu. Karena itu, penting untuk menjaga pola makan selama kehamilan. Faktanya, selama kehamilan dibutuhkan 350-500 kalori ekstra setiap hari selama trisemester kedua dan ketiga.

Kurangnya asupan gizi dan nutrisi utama sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin, apalagi jika anda memiliki kebiasaan dan pola makan yang buruk. Kondisi ini diperparah jika anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes dan berat badan berlebih.

Sederhananya, mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan dapat membantu memastikan kesehatan ibu dan bayi. Konsumsi makanan sehat juga akan membantu ibu dapat menurunkan berat badan dengan mudah pasca persalinan dan juga minuman bernutrisi seperti susu prenagen. Makanan apa saja yang bisa dikonsumsi selama kehamilan?

  1. Produk Susu

Selama kehamilan sangat penting bagi ibu untuk mengkonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Anda bisa memilih susu hamil yang memiliki kandungan gizi lengkap.

Banyak sekali susu hamil murah yang beredar di pasaran, namun kerap kali ibu hamil sensitif terhadap laktosa (susu sapi). Jika begini,maka ibu bisa mengkonsumsi jus buah yang juga tak kalah baik untuk memberikan gizi bagi si kecil.

Tak jarang ibu hamil juga bosan mengkonsumsi susu hamil. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi jus sebagai selingan untuk menghindari rasa bosan. Inilah tantangannya dimana kadang ibu hamil tak sempat membuat jus nya sendiri. Selain faktor kesibukan bisa jadi ibu hamil sudah malas beraktivitas akibat bawaan janin.

Salah satu brand yang sangat memperhatikan kesehatan ibu hamil adalah PRENAGEN. Selain susu prenagen ternyata PRENAGEN juga memiliki produk berupa Juice. Prenagen Juice ini sangat praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja dan dimana saja selama persiapan hingga masa kehamilan. Cocok juga bagi anda yang sedang menyusui.

Prenagen Juice memiliki kandungan asam folat yang sangat penting dalam pembentukan sel darah selama kehamilan mom. Prenagen Juice juga mengandung Vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Dengan kemasan 300 ml, Prenagen Juice sangat praktis dan mudah dibawa  kemanapun.

  1. Sumber Nabati

Sangat penting bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi folat dalam jumlah cukup. Selain folat, ada baiknya ibu hamil juga mengkonsumsi sumber nabati. Cara paling mudah adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang polong, buncis, buncis, kedelai, dan kacang tanah.

Selain itu, jenis polong-polongan pada umumnya sangat tinggi akan serat plus kalsium dan magnesium yang juga baik untuk ibu hamil.

 

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat kaya akan kandungan beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Keberadaan vitamin A juga sangat penting bagi pertumbuhan janin yang sehat. Wanita hamil umumnya disarankan untuk menambah asupan vitamin A sebesar 10-40% selama kehamilan.

Namun, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi sumber vitamin A berbasis hewani yang berlebihan karena justru dapat menjadi toksik bagi janin.

Lebih jauh ubi jalar mengandung serat yang dapat memberikan rasa kenyang dan membantu mengurangi lonjakan gula darah disamping membantu memperlancar pencernaan.

  1. Air

Selama masa kehamilan, volume darah akan meningkat hingga 1,5 liter. Inilah pentingnya air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Janin mungkin saja mendapatkan semua nutrisinya,namun jika anda tidak memperhatikan asupan air, maka bisa jadi ibu akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi pada ibu hamil ditandai dengan sakit kepala, kecemasan, kelelahan, suasana hati yang buruk dan daya ingat yang berkurang. Meningkatkan asupan air sepanjang masa kehamilan dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, yang umum terjadi selama kehamilan.

Umumnya ibu hamil disarankan mengkonsumsi air setidaknya 2 liter per hari, namun jumlah ini bergantung pada individu. Selain air putih, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan air dari buah, sayuran, dan jus.

Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi susu hamil seperti susu Prenagen atau Prenagen Juice

Itulah beberapa makanan yang harus dikonsumsi saat hamil. Selain itu, hindari beberapa makanan yang dilarang saat hamil muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *