Susu Buat Anak

5 Alasan Penting Kenapa Si Kecil Malas Makan

Susu Formula Anak

Kadang orang tua kerap menganggap anak pilih-pilih makanan saat mereka menolak makanan tertentu. Padahal mereka sebenarnya punya alasan loh. Memberikan sufor untuk anak tidak cukup. Anda juga harus memperbaiki kebiasaan makan si kecil sekaligus mencari penyebabnya kenapa ia susah makan. Berikut ini adalah alasan umum kenapa anak susah makan.

Alasan medis

Kedengarannya ini seperti hal yang lumrah. Namun apabila tidak didalami, tentunya akan menjadi hal yang fatal. Ketika seorang anak sedang mengalami gangguan kesehatan, sudah pasti nafsu makan mereka akan terganggu. Dua di antaranya yaitu konstipasi dan acid reflux. Yang jadi masalah, anak-anak kerap tidak menunjukkan keluhan kalau perutnya sakit. Pastikan Anda cek kesehatannya secara rutin dan tanyakan apa yang dia rasakan.

Alasan Sensorik

Kebanyakan, anak-anak pilih-pilih makanan karena sejumlah alasan. Misalnya mereka tidak suka tekstur makanan ketika di dalam mulut atau tangan sehingga mereka tidak mau makan. Anak-anak kadang tidak suka tekstur tertentu ketika mengunyah, menjilat atau menggigit. Jika ini terjadi, kemungkinan ada masalah pada sistem sensorik di area mulut mereka.

Permasalah sensorik ini kerap menjadi permasalahan tersembunyi bagi anak yang pilih-pilih makanan, sementara orangtua tidak pernah menyadarinya. Bila Anda memahami alasan ini, maka tentunya akan membedakan respon Anda bagaimana agar si kecil kembali nafsu makan.

Skill Motorik Pada Mulut

Hal ini mungkin sedikit ribet bila ditelaah sendirian. Anda harus memperhatikan bagaimana si kecil menelan dan mengunyah makannya. Balita kemungkinan memiliki masalah motorik ketika tersedak, atau memuntahkan makananya saat makanan baru dikunyah. Kemungkinan anak tidak ingin makan makanan tertentu karena takut terjadi hal yang sama.

Rutinitas

Rutinitas juga menjadi kunci yang penting supaya si kecil tidak pilih-pilih makanan atau susah makan. Jika ini terjadi, pastikan Anda melihat diri Anda sendiri dahulu. Apakah Anda kerap menonton TV sambil makan di depan anak-anak? Apakah Anda juga tidak makan-makanan yang sehat? Jika ini Anda lakukan, biasanya si kecil meniru dari apa yang Anda lakukan. Nah, saat Anda mengetahui hal ini, cobalah Anda menjadi teladan di rumah supaya si kecil meniru apa yang Anda lakukan.

Perilaku

Perilaku si kecil juga kerap menjadi alasan kenapa pilih-pilih makanan. Ada beberapa kasus di mana anak menjadi tantrum dan berperilaku diluar batasan untuk mengetes kesabaran Anda. Yang pasti, Anda sebaiknya memberikan respon yang bijaksana dan tidak berlebihan. Memang sedikit memakan waktu lebih lama untuk mengerti kenapa si kecil susah makan. Tapi nantinya begitu si kecil tumbuh, ia akan mengerti apa yang baik untuk tubuhnya. pastinya sebagai orangtua jangan menyerah dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil. Senantiasa tekankan kalau apa yang Anda sajikan akan baik untuk perkembangannya.

Bagaimana Cara Membiasakan Si Kecil Makan Sehat dan Teratur?

Menanamkan kebiasaan memberikan tantangan yang berbeda pada orangtua. Setiap anak memiliki karakter dan permasalahan yang berbeda. Pastikan Anda melakukan pendekatan secara halus untuk mengetahui penyebab utama kenapa si kecil enggan makan. Dengan begini, Anda akan tahu cara mengatasinya. Jika ternyata hal ini berhubungan dengan kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter pribadi untuk mencari solusi terbaik. Berikan sufor untuk anak agar perkembangan dan pertumbuhannya bisa maksimal. Seiring dengan waktu, kebiasaan makan anak akan terbentuk. Pastikan Anda sudah berada di jalan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *