Alternatif Solar Panel

Alternatif Energi Listrik Ramah Lingkungan dari Solar Panel

Alternatif Solar Panel

Energi listrik merupakan salah satu sumber pengeluaran terbesar bagi pemilik suatu industri, rumah sakit, hotel, pabrik, dan sejenisnya. Bagaimana tidak, segala peralatan dan kegiatan operasional dalam industri tersebut membutuhkan energi listrik. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana jadinya jika pasokan listrik tiba-tiba terhenti? Sudah pasti semua kegiatan operasional juga akan berhenti. Nah, untuk menghindari hal tersebut, diperlukan alternatif energi listrik yang mampu membackup kebutuhan listrik ketika aliran listrik utama mati. Salah satunya, dengan memasang panel surya di perusahaan Anda.

Ya, panel surya atau solar panel merupakan suatu perangkat yang berfungsi mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi ini disusun oleh beberapa komponen utama, seperti photovoltaic modul, controller, battery, dan inverter. Khusus untuk photovoltaic modul, diperlukan efisiensi konversi yang tinggi supaya bisa bertahan lebih lama. Untuk mekanisme kerja solar panel ini, bisa Anda simak penjelasannya pada laman https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/.

Dilihat dari berbagai sisi, solar panel memang diakui unggul dan bermanfaat bagi pemiliknya. Pasalnya, pasokan energi listrik dapat terpenuhi dengan biaya yang lebih hemat. Ditambah lagi, teknologi ini lebih ramah lingkungan tanpa bahan bakar fosil untuk mengoperasikannya. Hanya saja, dari segi harga pemasangan terbilang mahal dan sulit memperoleh panel surya berkualitas.

Sebenarnya, alasan yang tepat dari rendahnya angka pemasangan panel surya di Indonesia bukan karena sulitnya mendapatkan panel surya berkualitas, melainkan sulitnya membiasakan berinvestasi pada penggunaan panel surya. Tidak berarti serta merta langsung beralih menggunakan panel surya. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif dari penyedia listrik negara. Dengan demikian, risiko blackout dan tagihan listrik dapat diminimalkan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan panel surya untuk kebutuhan industri, bisa hubungi PT Sumberdaya Sewatama. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam bidang penyediaan teknologi panel surya di industri-industri besar Indonesia. Bahkan, Sewatama menyediakan layanan diskusi pembangkit listrik dengan konsultan ahli terkait bagaimana cara supaya lebih bisa menghemat penggunaan listrik. Apalagi, mengingat kawasan Indonesia mendapatkan intensitas penyinaran matahari yang tinggi, penggunaan solar panel pasti akan menghasilkan lebih banyak energi listrik. Jika masih ragu membelinya, Anda bisa coba sewa panel surya berkualitas terlebih dulu untuk industri skala besar atau kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *