3 Tips Untuk Mengamankan Akun Instagram

IG

Dalam menghadapi pembajakan (hacking) yang menyebar luas di Instagram, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana melindungi akun Anda dari orang-orang berbahaya yang mungkin mencuri informasi Anda atau menggunakannya untuk tujuan jahat. Dalam artikel ini kami akan membahas 3 cara paling jitu untuk mencegah terjadinya peretasan pada akun Instagram anda :

  1. Nyalakan Otentikasi Dua Faktor
    Hampir semua aplikasi utama sekarang menyediakan beberapa bentuk otentikasi dua faktor (atau 2FA), dan ini termasuk Instagram. Dengan otentikasi dua faktor diaktifkan, setiap kali Anda masuk ke Instagram dari perangkat yang tidak dikenal, Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan SMS, bersama dengan nama pengguna dan kata sandi Anda. Ini dapat membantu menggagalkan upaya apa pun oleh peretas untuk masuk ke akun Anda dan mengubah informasi kontak Anda. Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, buka profil Instagram Anda dan ketuk tombol pengaturan. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk Otentikasi Dua Faktor.

 

  • Ketuk slider ke posisi “on”.
  • Jika akun Anda tidak memiliki nomor telepon yang dikonfirmasi, Anda akan diminta untuk memasukkannya. Setelah Anda memasukkan nomor telepon Anda, ketuk tombol berikutnya.
  • Sekarang ketika Anda masuk ke akun Instagram Anda dari perangkat yang tidak dikenal, Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan yang Anda terima melalui SMS. Sehubungan dengan peretasan, Instagram baru-baru ini mengumumkan sistem otentikasi dua faktor yang lebih kuat yang sekarang memungkinkan Anda menggunakan aplikasi autentikator pihak ketiga untuk masuk ke akun Instagram Anda. Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk masuk ke akun Instagram Anda, buka profil Anda, ketuk ikon menu, pilih “Pengaturan” di bagian bawah dan kemudian pilih “Otentikasi Dua Faktor.”
  • Selanjutnya, pilih “Aplikasi Otentikasi” sebagai bentuk otentikasi yang Anda inginkan.
  • Jika Anda sudah menginstal aplikasi otentikasi, Instagram akan secara otomatis menemukan aplikasi dan mengirimkan kode masuk ke sana. Anda harus mengambil kode dan memasukkannya di Instagram, dan autentikasi dua faktor akan menyala secara otomatis.
  • Jika Anda tidak memiliki aplikasi otentikasi, pergilah ke App Store atau Google Play Store untuk mengunduh yang pertama dan kemudian lanjutkan dengan menyiapkan otentikasi dua faktor.

 

  1. Pastikan Akun Email Anda Aman

Email Anda seolah menjadi gerbang ke akun online Anda – jika seseorang memiliki akses ke sana, mereka juga memiliki akses ke hampir semua hal lain yang pernah Anda gunakan untuk email Anda, Jadi pastikan itu aman karena email adalah salah satu cara hack Instagram yang paling rawan.

 

Sebagian besar penyedia email memiliki sistem untuk memblokir upaya login yang tidak diinginkan dan menawarkan langkah-langkah keamanan seperti enkripsi email dan otentikasi dua faktor. Jika Anda benar-benar ingin menjaga keamanan akun Instagram Anda, Anda perlu memastikan akun email Anda sama amannya.

 

  1. Cabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Salah satu kiat keamanan terbaru Instagram adalah mencabut akses ke “aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan”. Pada dasarnya, ini berarti situs web atau aplikasi apa pun yang tidak mengikuti Community Guidelines atau Ketentuan Penggunaan Instagram (termasuk aplikasi bot Instagram yang menyukai, mengomentari, dan mengikuti akun lain atas nama Anda).

 

  • Untuk mengelola aplikasi pihak ketiga Anda, buka profil Instagram Anda di komputer desktop Anda, klik tombol pengaturan, dan kemudian klik “Aplikasi Resmi.”
  • Di sini Anda akan menemukan daftar aplikasi yang telah Anda otorisasi untuk mengakses profil dan informasi akun Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang aneh, Anda dapat dengan mudah mengklik mencabut akses aplikasi pihak ketiga dengan mengklik tombol Revoke Access.

Leave a Reply