Domain Blog

Tips Transfer WordPress ke Domain dan Hosting Baru

Domain Blog

Banyak sekali penyedia jasa layanan hosting yang tersebar di internet untuk Anda gunakan, dari hosting dengan harga yang murah hingga hosting dengan harga yang tinggi dapat Anda pilih. Harga tersebut juga tentunya bukan hanya sembarang harga, karena dengan harga-harga tersebut, Anda akan mendapatkan paket-paket dengan layanan serta fitur-fitur tertentu. Kadang Anda juga ingin mengubah domain dan hosting Anda. Tentu Anda butuh tips transfer wordpress Anda bukan?

Memiliki website tentulah sangat menyenangkan. Anda bisa menulis banyak hal, mengumpulkan informasi, cerita, serta menyimpan data-data Anda dengan menggunakan hosting. Banyak penyedia jasa layanan hosting yang tentunya menarik perhatian Anda bukan? Kebutuhan yang berubah-ubah terkadang membuat Anda juga kebingungan dengan hosting mana yang perlu Anda pilih dan gunakan.

Nyatanya, banyak layanan hosting yang terkadang lebih Anda butuhkan dibandingkan hosting yang sedang Anda pakai. Atau Anda tergiur dengan hosting dengan harga yang lebih mudah dan terjangkau, tentu Anda harus mengetahui tips transfer wordpress untuk memudahkan Anda dalam memindahkan website dari hosting lama ke hosting yang baru. Berikut tipsnya!

Backup dan Export Data dari Domain Lama

Ketika Anda ingin memindahkan website hosting Anda dari lama ke hosting yang baru, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Hal penting yang perlu Anda lakukan ialah mengabsen data-data serta file dan informasi penting yang terdapat dalam website dari hosting lama Anda, penting untuk mengetahui ada seberapa banyak data yang perlu Anda pindah dari hosting lama ke hosting yang baru. Dan penting juga mengetahui tips transfer wordpress.

Kemudian setelah Anda mengetahui seberapa banyak data yang Anda miliki pada website, Anda perlu membackup data pada WordPress yang Anda miliki, seluruhnya untuk menghindari kejadian kehilangan data, tentu hal tersebut tidak ingin terjadi pada data Anda bukan? Kemudian apa yang harus Anda lakukan? Anda dapat melakukan export data yang telah Anda backup.

Bagaimana caranya? Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Export pada menu Tools di dashboard WordPress milik Anda dan menyimpan file berformar XML ke dalam PC Anda. Setelah itu download wp-content folder yang berisikan semua data dengan menanfaatkan akses dari FTP ke dalam PC, perlu diingat, Anda harus menyalin ke dalam PC jika memiliki sub directory.

Import Data ke Domain Baru Pilihan Anda

Setelah Anda melakukan backup data untuk berjaga-jaga jika sesuatu hal buruk terjadi pada data Anda, dan melakukan export data, apalagi yang perlu Anda lakukan? Selanjutnya, langkah yang dapat Anda lakukan ialah melakukan import data ke domain baru yang telah Anda pilih. Langkah import data ini dapat Anda lakukan dengan layanan yang Anda peroleh dari web hosting Indonesia. Langkah tips transfer wordpress ini penting untuk memasukkan data-data Anda ke website dengan hosting baru yang Anda inginkan.

Langkah yang dapat Anda lakukan ialah menginstall WordPress, setelah itu upload wp-content yang tadi telah Anda download sebelumnya menggunakan akses FTP dan lakukan import pada semua data WordPress Anda dengan menekan tombol import pada menu Tools yang ada pada dashboard WordPress.

Selanjutnya tips transfer wordpress, Anda dapat melakukan aktivasi plugins dan themes serta mengupdate semua setting agar semua sama dengan domain lama Anda dan Anda dapat menjalankan update URL Plugin untuk memperbarui URL baru dengan domain lama. Untuk mengunggah Sub Directory dan Sub Domain, langkah yang dapat Anda lakukan ialah sama dengan saat Anda mengunggah wp-content di paragraf sebelumnya.

Melakukan Pengontrolan dan Pengecekan

Setelah semua selesai Anda lakukan, dari mulai membackup data Anda, melakukan export serta import data dari domain lama ke domain baru pilihan Anda, apa langkah selanjutnya? Langkah-langkah lainnya ialah Anda harus memastikan bahwa WordPress dengan domain baru Anda memang betul telah berjalan dengan baik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah, cek fungsi dari semua halaman dan post milik Anda, pastikan tidak ada error 404.

Langkah kedua dari tips transfer wordpress ialah lakukan pembaharuan feed secara detail dan feedburner account Anda, update semua informasi penting seperti alamat email, akun media sosial dan tentunya perbaharui gravatar jika Anda menggunakannya. Jika langkah-langkah di atas tersebut telah Anda lakukan dan semuanya berjalan dengan baik, Anda hanya perlu melakukan forward domain lama ke domain yang baru melalui domain registrar.

Jika Anda mengalami kesulitan mulai dari awal backup, export, hingga import dan finishing pemindahan domain lama ke domain baru, Anda tidak perlu khawatir. Karena penyedia web hosting Indonesia tentunya akan membantu Anda dalam waktu yang terbilang singkat.

Bagaimana? Tidak perlu khawatir karena backup data Anda dalah kunci dari semua ini. Dan data Anda akan aman. Tentunya jika Anda melakukan ketiga tips transfer wordpress di atas, Anda akan berhasil melakukan pemindahan website dari domain lama milik Anda ke domain baru yang Anda pilih. Jangan takut untuk mencoba jika Anda telah jatuh cinta dengan domain baru pilihan Anda. Selamat mencoba dan selamat, Anda akan berhasil memindahkan domain Anda!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *