Makanan Pedas

Kenali Makanan Penyebab Diare Berikut, Diantaranya Disukai Banyak Orang

Pada dasarnya diare ini sendiri memang bukan penyakit yang dapat disepelekan, karena ia beresiko menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Jika sudah seperti ini biasanya potensi mengalami masalah yang lebih fatal juga kian tinggi, termasuk diantaranya adalah menyebabkan kematian. Harus diketahui bahwa faktanya ada beberapa jenisĀ makanan penyebab diare. Jadi sebaiknya Anda mulai selektif dalam memilih produk makanan yang dikonsumsi jika seandainya tak ingi terserang gangguan kesehatan semacam ini, yaitu:

Dalam kebanyakan kasus penyakit diare memang disebabkan oleh infeksi virus dan juga bakteri yang menyerang sistem pencernaan manusia. Hanya saja juga tak dapat dipungkiri jika seandainya ada beberapa kondisi diare yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Mungkin Anda sendiri pernah mengalami hal semacam ini. Dimana ketika mengonsumsi jenis makanan tertentu nantinya akan memunculkan reaksi pada tubuh, yaitu mengalami mulas dan juga mencret. Beberapa diantaranya mungkin hanya berlangsung sebentar, namun tak jarang yang berlangsung dalam jangka waktu lama sehingga dapat menimbulkan masalah serius jika tak segera ditangani.

  1. Makanan pedas, banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan pedas, karena memang rasa pedas pada makanan ini terbukti efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Cabai rawit sendiri termasuk campuran yang paling banyak digunakan untuk membuat makanan pedas. Kandungan capcaisin yang ada didalamnya ternyata kurang begitu bagus bagi kesehatan. Karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi lambung bahkan berdampak pada diare. Untuk itulah jika Anda gemar mengonsumsi makanan pedas sebaiknya dibatasi jumlahnya, jangan terlalu berlebih.
  2. Susu dan produk olahannya, hampir semua orang suka minum susu ataupun mengonsumsi produk olahannya yang sangat banyak tersebut, mulai diantaranya adalah keju, yogurt bahkan juga butter. Hanya saja juga tak jarang beberapa orang yang memiliki kecenderungan intoleransi laktosa, dimana memang tubuh mereka tidak dapat mencerna protein susu sapi. Akibatnya jika mengonsumsi susu maupun produk olahannya bisa menyebabkan mereka mengalami diare.
  3. Kopi, nyatanya minuman yang satu ini juga digemari beragam kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Namun zat yang terkandung didalamnya bisa merangsang sistem pencernaan, jadi bagi beberapa orang yang tidak kuat nantinya akan memicu terjadinya diare. Meskipun Anda memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap minuman tersebut, namun ada baiknya untuk membatasi jumlah yang dikonsumsi.
  4. Brokoli dan kembang kol, sayuran memang kaya akan kandungan serat dan vitamin yang bagus untuk kesehatan, namun dua jenis sayur ini tidak dapat dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, menumpuk gas dalam lambung sehingga perut menjadi kembung, bahkan juga menyebabkan diare.
  5. Makanan cepat saji, khususnya adalah makanan yang digoreng semuanya kaya akan kandungan lemak trans yang kurang bagus untuk pencernaan, karena dapat memicu terjadinya diare. Makanan semacam ini juga sedikit kandungan nilai gizinya untuk tubuh, sehingga patut Anda waspadai.
  6. Alkohol, alkohol juga dapat memicu diare, khususnya adalah jenis bir dan anggur. Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsinya, maka ada baiknya untuk mulai menghindarinya dari sekarang. Jika terasa sulit dilakukan maka dapat dicoba dengan cara mengurangi porsinya sedikit demi sedikit.

Setidaknya itulah beberapa jenis makanan penyebab diare yang patut untuk diwaspadai. Ingat bahwa gangguan yang menyerang sistem pencernaan ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan, jadi harus langsung tanggap melakukan pertolongan pertama.