Ketiak Gatal

Mengenal 3 Penyebab Ketiak Gatal Dan Cara Untuk Mengatasinya

Ketiak Gatal

Ketiak yang gatal menjadi salah satu hal yang sering kali anda rasakan. Tentu saja, dengan adanya hal tersebut akan membuat tidak nyaman di dalam beraktifitas. Kegiatan menggaruk ketiak yang gatal, tentu saja bukan menjadi cara untuk menyelesaikan masalah. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa hal yang menyebabkan ketiak gatal dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Simak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Menyebabkan Ketiak Menjadi Gatal

  1. Akibat Terkena Deterjen Pada Pakaian

Penyebab pertama dari gatalnya pada ketiak adalah paparan kimia yang terdapat pada deterjen. Ternyata, residu pada deterjen yang keras, akan menempel pada serat kain apabila anda tidak membilasnya dengan benar. Hal ini akan mampu memberikan iritasi kepada kulit yang bergesekan dengan kain. Sehingga, ada beberapa cara yang perlu untuk anda lakukan di dalam mengatasi hal satu ini.

Diantaranya adalah dengan memilih deterjen khusus yang memiliki bahan lembut. Sehingga, ketika anda menggunakannya kulit pun tidak akan teriritasi dan menjadi penyebab ketiak gatal. Selain itu, anda pun juga perlu untuk menghindari produk lain yang mengandung bahan pembersih yang kuat dan juga parfum yang menyengat. Anda pun juga perlu untuk membilasnya pakaian dengan bersih, sehingga akan membuat kulit gatal dan juga iritasi.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Badan

Hal lainnya yang menjadi penyebab ketiak anda gatal adalah tidak menjaga kebersihan tubuh dengan benar. Hal ini dikarenakan pori pori tersebut tertutup oleh kotoran yang nantinya akan menyebabkan masalah gatal pada kulit ketiak. Dengan adanya keringat yang bercampur dengan kotoran akan mudah untuk menimbulkan bakteri. Sehingga, ketika anda tidak membersihkan bagian ini dengan benar, akan bisa menimbulkan gatalĀ  gatal.

Untuk itu, selepas menjalani aktiftas yang berlebih di luar ruangan pastikan anda untuk mandi. Hal ini dikarenakan kotoran yang menumpuk tersebut dapat menjadi penyebab ketiak gatal. Bahkan nantinya juga bisa timbul masalah yang lain, diantaranya adalah bisul, jerawat hingga infeksi. Sehingga, mandi dengan bersih menjadi salah satu hal wajib yang perlu untuk anda lakukan agar ketika tidak gatal.

  1. Munculnya Ingrown Hair yang Terjadi Akibat Salah Mecukur

Ketiak yang gatal juga bisa terjadi karena anda salah mencukur. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya noda hitam ketika bulu ketiak anda dicukur. Bulu yang berada di bawah kulit ini akan menjadi tumbuh dengan lebih lebat dan kasar, tentunya akan bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk anda yang memiliki kulit berwarna gelap akan cenderung lebih sering mengalami masalah satu ini.

Apabila, kamu termasuk dalam orang yang sering dan rentan untuk mengalami ingrown hair, maka lebih baik anda bisa melakukan beberapa pencegahan terlebih dahulu sebelum mencukur. Hal ini dikarenakan akan menghindari anda dari mengalami gejala ketiak gatal. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan sabun mandi non parfum yang memiliki bahan lembut. Selain itu, anda pun perlu memastikan area ketiak anda agar tetap selalu bersih.

Ketika anda menggunakan pakaian yang memiliki bahan ketat juga bisa menjadi salah satu penyebab dari ketiak yang gatal. Sehingga, bagi anda yang kerap kali mengalami hal tersebut, maka anda bisa mulai menghindari hal hal yang mampu untuk menyebabkan ketiak menjadi gatal. Hal utama yang perlu anda untuk lakukan pastinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan pada tubuh dan juga ketiak anda. Dengan begitu, bakteri penyebab gatal tidak akan muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *