Hipertensi

Definisi Hipertensi dan Penyebab di Baliknya yang Harus Anda Tahu

Hipertensi

Tidak sedikit jenis gangguan kesehatan yang memiliki dampak besar pada kondisi tubuh seseorang. Seperti mislanya berupa tekanan darah tinggi yang memiliki risiko pada penyakit lain berupa stroke dan juga jantung. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini sendiri tidak hanay dapat terjadi pada orang dewasa saja. Pada anak anak pun dapat mengalami gangguan serupa. Lalu apa sebenarnya definisi hipertensi ini sendiri dan juga penyebab di baliknya ?

Definisi dari Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau biaas disebut dengan hipertensi ini memiliki gejala yang kurang terlihat jelas. Sementara untuk defisini dari jenis penyakit tersebut adalah suatu kondisi tekanan darah yang mengalami peningkatan sampai ke kadar yang dikatakan tidak sehat. Terdapat dua cara untuk megukur tekanan darah yang dimiliki oleh tubuh seseorang, yakni tekanan sistolik dan juga tekanan diastolik.

Meskipun tidak memiliki gejala yang spesifik, terdapat beberapa tanda yang bisa diperhatikan terkait gangguan ini. Yakni mulai dari munculnya sakit kepala, mimisan, dan juga munculnya darah pada urin. Tanda yang lainnya adanya munculnya rasa sakit pada bagian dada dan kaburnya pandangan mata seorang penderita. Definisi hipertensi dan tanda tandanya ini layak diperhatikan untuk meminimalisir risiko di baliknya.

Penyebab yang ada di Balik Penyakit Hipertensi

Pada setiap kasus tekanan darah tinggi terdapat faktor penyebab yang berbeda beda. Namun risiko dari penyakit ini dapat meningkat pada seseorang dengan beberapa kondisi yang akan dijelaskan disini. Mulai dari seseorang yang telah berusia lebih dari 65 tahun dan juga memiliki kelebihan berat badan. Mereka yang memiliki kecenderungan mengalami tekanan darah tinggi juga berisiko teinggi terkena jenis penyakit tersebut.

Pola makan yang kurang sehat sepeti rendah buah dan sayur, tinggi garam, dan kurang potasium pun dapat menjadi penyebab terkait masalah tekanan darah. Orang orang yang jarang berolahraga dan merupakan seorang perokok pun memiliki risiko yang lebih besar. Tidak hanya itu, bagi mereka yang memiliki gangguan tidur serta sering mengonsumsi minuman kaya kafein juga memiliki risiko serupa.

Dari ulasan menganai definisi hipertensi ini dapat diketahui bahwa gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada berbagai kalangan. Seperti misalnya mereka yang memiliki kondisi kesehatan kronis berupa penyakit diabetes dan juga ginjal. Orang orang yang sering mengalami stres dapat pula berisiko tinggi terkena hipertensi. Pada anak anak, tekanan darah tinggi dapat pula dipicu karena gangguan organ jantung dan hati.

Jenis Hipertensi Dilihat dari Faktor Penyebabnya

Terdapat dua macam hipertensi atau tekanan darah tinggi jika dilihat dari faktor penyebabnya. Jenis gangguan kesehatan tersebut adalah hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer ini juga sering disebut dengan istilah hipertensi esensial. Tekanan darah tinggi sang penderita hipertensi primer akan terus berlanjut tanpa alasan yang jelas pada kurun waktu tertentu.

Sementara untuk hipertensi sekunder bisa muncul dengan cepat karena masalah gangguan kesehatan yang dimiliki oleh si penderita. Seperti misalnya penyakit ginjal, cacat bawaan pada organ jantung, dan juga terjadinya tumor pada kelenjar adrenal. Gangguan kelenjar tiroid dapat pula memicu terjadinya hipertensi sekunder tersebut. Diharapkan dengan mengetahui jenis dan definisi hipertensi akan bermanfaat bagi Anda.

Beragam hal diketahui dapat memicu terjadinya gangguan pada tekanan darah berupa hipertensi ini. Mulai dari pola makan hingga masalah kesehatan bawaan yang dimiliki oleh penderita. Dari penyebab yang ada di baliknya, hipertensi dapat dibedakan menjadi dua macam. Diperlukan pula cara cara tersendiri untuk membedakan kedua jenis hipertensi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *